Setelah 1 hingga 2 bulan kemudian, cacing betina dewasa keluar dari usus besar melalui anus (lubang tempat keluarnya buang air besar dan bertelur di kulit sekitar anus. Inilah yang kemudian memicu rasa gatal di area tersebut.

Saat seseorang menggaruk area yang gatal, telur cacing kremi yang berukuran mikroskopis dapat berpindah ke jari ke benda-benda sekitar mereka, ke makanan, hingga ke dalam mulut dan berpindah ke usus. Di sanalah mereka akan masuk kembali ke dalam tubuh hingga menyebabkan re-infeksi yang terus menerus.

Gejala Infeksi Parasit Cacing
Tanda-tanda infeksi cacing kremi yang paling umum adalah munculnya rasa gatal di sekitar anus dan tidur yang tidak nyaman. Rasa gatal ini biasanya dapat bertambah parah pada malam hari karena cacing berpindah ke daerah sekitar anus untuk bertelur.

Pada kasus-kasus akut, infeksi parasit menyebabkan mual, masalah pencernaan (sakit perut, diare, anoreksia), sakit kepala, kelelahan, anemia dan eosinofilia. 

Infeksi Cacing pada Vagina
Tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan pada anus, infeksi cacing juga bisa menyebar ke vagina. Pada anak perempuan, infeksi cacing kremi dapat menyebar ke vagina dan menyebabkan keputihan. Bahkan, infeksi cacing pada vagina juga dapat melukai kulit di sekitar area intim ini hingga menyebabkan infeksi bakteri pada kulit.

Mengobati Infeksi Cacing
Untuk mencegah dan mengobati infeksi cacing, kamu harus benar-benar memastikan kebiasaan yang bersih dengan mencuci tangan secara teratur dan membersihkan rumah secara rutin. Jika seseorang mengalami infeksi cacing, dokter akan merekomendasikan obat anti cacing yang dijual bebas atau dengan resep dokter. 
 

Cacing Kremi Bisa Menyerang Vagina? Hati-Hati Moms!

Nah, jika kamu mencari rekomendasi obat cacing yang recommended untuk kamu siapkan di rumah untuk seluruh anggota keluarga, kamu wajib menyiapkan Konvermex. Konvermex adalah obat cacing keluarga yang tersedia dalam varian suspense dan tablet/kaplet sehingga mudah untuk dikonsumsi anak-anak dan dewasa.  

Obat cacing Konvermex ini mengandung bahan aktif Pyrantel Pamoate yang dapat secara efektif melumpuhkan dan menghancurkan parasit cacing serta mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa perlu mengonsumsi obat pencahar.

Kamu juga bisa menyiapkan varian untuk dewasa yaitu Konvermex 250 dalam sediaan suspensi rasa vanilla latte dan kaplet, dan varian untuk anak-anak yaitu Konvermex 125 dalam sediaan Suspensi rasa jeruk dan tablet.