Mitos Ibu Menyusui Minum Es Bikin Bayi Pilek


Mitos Ibu Menyusui Minum Es Bikin Bayi Pilek
source: https://freepik.com/

Anggapan minum air dingin saat menyusui sebabkan bayi batuk pilek sebenarnya hanya mitos belaka, Moms. Faktanya, hasil penelitian menyatakan bahwa minum es ketika menyusui tidak dapat membuat bayi batuk dan pilek.

Dilansir dari The Health Site, ibu menyusui minum es tidak membahayakan bayi atau membuat bayi menjadi sakit. Infeksi akibat virus tidak dapat menularkan bayi melalui ASI. Bayi dapat tertular batuk dan pilek melalui tetesan cairan tubuh seperti keringat, air liur dan ingus. Virus atau penyakit juga dapat ditularkan ke bayi bahkan sebelum gejalanya dirasakan oleh Moms.

Moms yang sedang dalam kondisi batuk dan pilek pun masih bisa menyusui bayi. Air es yang dikonsumsi Moms akan tetap keluar dalam kondisi hangat sesuai dengan suhu tubuh Moms. Jadi Moms, tidak mungkin air es menyebabkan ASI yang dikonsumsi bayi juga dingin dan membuat bayi terserang batuk dan pilek.

Penyebab Pilek Pada Bayi


Penyebab Pilek Pada Bayi
source: https://freepik.com/

Melansir dari Klik Dokter, dr. Kartika Mayasari menjelaskan pilek justru disebabkan oleh virus yang bukan berasal dari ASI. Virus tersebut bisa jadi dari air es yang diminum tidak steril atau mengandung bakteri. Saat ibu menyusui sakit, maka produksi ASI ikut menurun atau bahkan memburuk. Menurunnya kualitas ASI inilah yang dapat mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

baca juga

Aturan Minum Es Ibu Menyusui


Aturan Minum Es Ibu Menyusui
source: https://freepik.com/

Walaupun minum air es tidak dilarang, ibu menyusui tetap harus memerhatikan air es yang dikonsumsi. Kurangi kebiasaan membeli minuman di luar. Untuk mengurangi risiko terserang penyakit, sebaiknya Moms membuat sendiri minuman dingin di rumah.

Jika Moms mengonsumsi minuman dingin yang terbuat dari air mentah dan alat-alat yang tidak steril, maka akan menyebabkan diare. Moms yang terserang diare akan mengalami dehidrasi yang berdampak pada menurunnya kualitas dan produksi ASI. Bisa juga si kecil yang terserang penyakit jika daya tahan tubuhnya melemah.

Jadi perlu diingat Moms, minum es memang tidak berdampak langsung pada bayi. Namun terlalu sering minum es dapat berdampak pada kesehatan ibu menyusui. Seperti lebih mudah terserang pilek, radang tenggorokan, dsb. Karenanya, jaga kesehatan selama menyusui agar bayi tidak mudah sakit ya, Moms. Termasuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.