Hidangan makanan berbahan utama pucuk labu sebenarnya sudah tidak asing lagi. Pucuk labu umumnya dimasak menjadi sayur bobor atau ditumis bersama bawang merah, bawang putih dan cabai yang sudah dicincang. Cara sederhana menikmati pucuk labu yaitu dengan direbus dan dijadikan urap atau pecel sayur.

Meski tidak populer, pucuk labu kaya manfaat untuk kesehatan lho, Moms. Khususnya untuk ibu hamil dan menyusui karena beragam vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Cegah Preeklamsia, Ini Manfaat Pucuk Labu Untuk Bumil dan Busui
source: https://www.jakartafruitgmd.com/

Pucuk labu yang lezat dan nikmat dikonsumsi adalah pucuk yang masih muda serta segar dengan tekstur yang lembut. Sebelum diolah, sebaiknya pucuk labu direbus terlebih dahulu selama 3 menit untuk melunakkan tekstur dan menghilangkan getahnya.

Berikut ini 5 manfaat pucuk labu untuk ibu hamil dan menyusui:

Menjaga Kesehatan Mata


Menjaga Kesehatan Mata

Pucuk labu memiliki kandungan vitamin A tinggi yang bermanfaat sebagai antioksidan. Vitamin A dalam pucuk labu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata serta menjaganya dari kerusakan akibat radikal bebas.

baca juga

Mengatasi Anemia


Zat besi merupakan senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Nah Moms, daun dan pucuk labu juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Sehingga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi anemia.

Optimalkan Kerja Otak


Optimalkan Kerja Otak

Tidak hanya vitamin A dan zat besi, pucuk labu juga memiliki kandungan fosfor dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk kesehatan otak. Fosfor berperan membantu saraf dalam menyampaikan pesan ke otak, mengoptimalkan kerja otak serta bereaksi lebih ncepat terhadap rangsangan dari luar tubuh. Sedangkan vitamin B6 bermanfaat dalam meningkatkan daya ingat.

baca juga

Menurunkan Tekanan Darah


Pucuk labu mengandung saponin, flavonoid dan polifenol yang bersifat sebagai antiosidan. Selain itu, buah hingga daun pucuk labu bersifat diuretik, atau melancarkan keluarnya air seni. Hal ini berefek terhadap penurunan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui


Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui
source: https://pinterest.com/

Daun dan pucuk labu berbentuk sulur kaya akan asam folat yang bermanfaat untuk ibu hamil. Seperti diketahui Moms, asam folat sangat penting untuk perkembangan janin, khususnya di awal kehamilan.

Asam folat dalam pucuk labu juga bermanfaat mencegah terjadinya preeklamsia pada ibu hamil. Dimana ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi serta urin yang mengandung protein yang dapat mengakibatkan keguguran. Pucuk labu juga bagus dikonsumsi ibu menyusui karena asam folat di dalamnya bermanfaat meningkatkan kualitas dan produksi ASI.