Batuk dan Pilek


Batuk dan Pilek
source: https://freepik.com/

Penyakit yang paling sering muncul setelah Lebaran adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), termasuk batuk dan pilek. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan reaksi alergi. Silaturahmi dan bersalam-salaman bisa jadi penyebab tertularnya si kecil dan menjadi pintu gerbang masuknya virus ke tubuh anak.

Paparan virus serta daya tahan tubuh anak yang sedang menurun dapat meningkatkan peluang munculnya batuk dan pilek. Ditambah dengan bakteri yang menempel di tangan jika si kecil lupa mencuci atau membersihkan tangan.

Untuk mencegahnya, Moms harus selalu mengingatkan si kecil untuk mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin. Jika tak memungkinkan, sediakan pembersih tangan tanpa bilas atau hand sanitizer yang aman di kulit anak. Terapkan protokol kesehatan lainnya seperti menjaga jarak dan memakai masker ya, Moms.

Radang Tenggorokan


Radang Tenggorokan
source: https://freepik.com/

Kebanyakan sajian Lebaran bersantan dan makanan yang digoreng serta deretan kue kering yang menggoda. Ditambah minuman dingin nan menyegarkan dengan aneka warna dan rasa yang manis. Duh, tentu sangat sulit ditolak si kecil ya, Moms. Hal inilah yang dapat membuat anak rentan mengalami radang tenggorokan yang ditandai dengan demam dan rasa sakit saat menelan.

Untuk mengurangi risiko penyakit ini, cobalah Moms membuat perjanjian dengan si kecil untuk mengatur asupan makanan yang masuk dalam tubuhnya. Jika hari ini sudah menyantap makanan bersantan dan serba gorengan, maka anak baru bisa menikmati makanan dan minuman manis serta dingin di hari berikutnya. Jangan lupa juga untuk diselingi dengan buah dan sayuran di piring anak.

baca juga

Sembelit


Sembelit
source: https://freepik.com/

Waspada Moms, gangguan pencernaan yang satu ini juga rentan menyerang anak pasca Lebaran. Sembelit atau konstipasi menyebabkan Buang Air Besar (BAB) menjadi keras dan sakit. Jika berlangsung lama, hal ini dapat membuat anak rewel serta nafsu makan yang berkurang. Usai menyantap makanan bersantan dan serba gorengan, ingatkan anak untuk mengonsumsi buah dan sayur serta perbanyak minum air putih.

Diare


Terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan dan pedas dapat menyebabkan masalah di pencernaan anak yang masih sensitif. Anak akan lebih mudah terserang diare usai Lebaran, Moms. Untuk menyiasatinya, Moms bisa meminta si kecil untuk memakan aneka sajian Lebaran dalam porsi kecil atau secukupnya. Sertakan juga buah dan sayur dalam piring anak agar kebutuhan nutrisinya tercukupi.

baca juga

Sakit Gigi


Sakit Gigi
source: https://freepik.com/

Jangan lupa Moms, berlebihan mengonsumsi makanan dan minuman manis juga dapat menyebabkan sakit gigi. Saat Lebaran, anak-anak cenderung memilih makanan dan minuman manis favoritnya. Nah, kegemarannya ini dapat menyebabkan gigi anak sakit bahkan berlubang jika jarang dibersihkan.

Alergi


Beraneka ragam makanan hingga minuman yang disajikan saat Lebaran membuat si kecil tertarik untuk mencicipinya satu per satu. Hal ini dapat memicu alergi pada anak dengan gejala seperti gatal, ruam hingga sesak napas. Jika si kecil memiliki riwayat alergi terhadap makanan tertentu, maka pastikan anak tidak mengonsumsi makanan yang dapat memicu alerginya. Namun saat alergi anak kambuh, segera bawa ke dokter ya, Moms.