Beragam makanan lezat nan menggugah selera disajikan saat Lebaran. Beberapa hidangan populer saat Lebaran seperti opor ayam, rendang, dan sambal goreng kentang yang nikmat disantap bersama ketupat.

Namun, makanan bersantan dan serba digoreng ini mengandung kalori tinggi yang berdampak pada kenaikan berat badan. Agar berat badan kembali stabil, coba lakukan 4 cara menurunkan berat badan pasca Lebaran seperti dilansir dari Food Detik berikut ini.

Makan Perlahan


Makan Perlahan
source: https://freepik.com/

Makan secara perlahan membantu tubuh Moms mengenali sinyal tubuh saat merasa kenyang. Setelah mengonsumsi banyak makanan bersantan, berminyak, serta makanan dan minuman manis saat Lebaran, maka penting untuk Moms menyantap makanan secara perlahan.

Sinyal kenyang ini penting agar tidak berlebihan memasukkan makanan ke dalam tubuh. Menyantap makanan secara perlahan juga bermanfaat menghindari tersedak yang dapat berakibat fatal, Moms.

baca juga

Banyak Minum Air Putih


Banyak Minum Air Putih
source: https://freepik.com/

Salah satu cara menjaga dan menurunkan berat badan pasca Lebaran adalah dengan memperbanyak minum air putih. Seperti diketahui, air putih memiliki banyak manfaat kesehatan. Banyak minum ai putih membantu tubuh terhindar dari dehidrasi, membuat tubuh merasa kenyang, serta membantu melancarkan pencernaan yang terganggu akibat makanan bersantan dan serba gorengan saat Lebaran.

Konsumsi 2 gelas air putih saat bangun tidur atau satu gelas sebelum sarapan. Cara ini dapat mengurangi hasrat Moms untuk makan terlalu banyak. Saat tubuh terhidrasi, maka pengeluaran energi ketika istirahat akan meningkat yang artinya dapat membakar kalori lebih cepat.

Atur Porsi Makan


Atur Porsi Makan
source: https://freepik.com/

Tubuh akan kembali beradaptasi setelah berpuasa satu bulan penuh. Dari yang sebelumnya tubuh terbiasa dengan pola makan saat sahur dan berbuka, beralih pada pola makan pagi, siang, hingga malam hari. Perlu diperhatikan Moms, makanan dengan kandungan garam dan lemak yang tinggi sangat tidak disarankan.

Sebaiknya ubah porsi makan Moms menjadi lebih kecil dan perhatikan jarak antara waktu makan. Selipkan juga sayur dan buah segar untuk menjaga berat badan.

baca juga

Konsumsi Makanan Nutrisi Seimbang


Konsumsi Makanan Nutrisi Seimbang
source: https://freepik.com/

Satu lagi yang tidak boleh dilupakan nih, Moms. Konsumsilah makanan dengan nutrisi seimbang. Seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral dalam satu porsi makanmu. Hindari mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Tidak hanya pola makan, Moms juga perlu mengatur pola tidur. Karena tubuh juga akan kembali beradaptasi dengan pola tidur setelah sebulan berpuasa.