Apakah Moms juga mengalami masalah yang sama? Nah, ternyata ada beberapa tip dan trik nih Moms agar sukses membuat ayam bakar yang empuk dengan bumbu meresap hingga ke dalam dagingnya. Berikut tips membuat ayam bakar empuk dan bumbunya meresap yang perlu Moms coba.

Gunakan Ayam yang Tepat


Gunakan Ayam yang Tepat
source: https://freepik.com/

Poin pertama saat Moms ingin membuat ayam bakar yang empuk dan bumbunya meresap adalah menggunakan ayam yang tepat. Jika Moms menggunakan ayam kampung, maka pilihlah ayam yang masih muda. Namun jika menggunakan ayam negeri, pilihlah ayam yang tidak terlalu gemuk.

baca juga

Tumis Bumbu Sebelum Direbus


Tumis Bumbu Sebelum Direbus
source: https://freepik.com/

Hal utama selanjutnya adalah penggunaan bumbu. Gunakan bumbu dasar seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, kemiri, ketumbar, lada, kecap manis hingga garam. Ungkep semua bumbu yang sudah dihaluskan, kecuali kecap manis, tumis hingga harum. Lalu tambahkan dengan air dan rebus hingga mendidih.

Tambahkan Baking Powder dan Nanas


Tambahkan Baking Powder dan Nanas
source: https://freepik.com/

Ini nih Moms rahasia daging ayam bakar terasa empuk dan lembut. Tambahkan sedikit saja baking powder dan nanas yang telah diparut atau dihaluskan ke dalam bumbu rebusan. Perpaduan dua bahan ini akan membuat ayam bakar empuk dan juicy deh, Moms!

baca juga

Masukkan Daging Ayam Setelah Bumbu Mendidih


Perlu diingat, hindari memasukkan daging ayam saat bumbu belum benar-benar mendidih. Masukkan daging ayam setelah air bumbu mendidih. Aduk sesekali dan tunggu hingga air berkurang, lalu matikan api. Tutup panci dan biarkan hingga dingin agar bumbu meresap ke dalam daging.

Simpan dalam Kulkas


Simpan dalam Kulkas
source: https://freepik.com/

Setelah dingin, masukkan daging ayam beserta bumbu ungkepnya ke dalam plastik atau wadah tertutup. Lalu sipan dalam kulkas selama kurang lebih 24 jam atau semalaman. Hal ini bertujuan agar bumbu lebih meresap ke dalam daging.

Bakar dengan Api Kecil


Bakar dengan Api Kecil
source: https://freepik.com/

Sebelumnya, keluarkan daging ayam dari kulkas dan biarkan hingga tidak terlalu dingin. Membakar dalam keadaan dingin malah akan membuat daging tidak empuk. Gunakan api kecil saat membakar agar daging empuk dan matangnya merata.

Beri Olesan


Jangan lupa Moms beri olesan bumbu saat sedang dibakar. Bumbu olesan pada ayam bakar umumnya adalah campuran kecap manis, mentega dan sedikit garam. Olesi setiap sisi daging agar terasa lebih juicy ya, Moms.