Nah, terkadang ada beberapa sikap yang hampir terlupakan dan jarang diajarkan pada si kecil sejak dini nih, Moms. Seperti mengucapkan terima kasih, tersenyum, mengucapkan permisi saat hendak lewat, atau menghormati orang yang lebih tua.

Terima Kasih


Terima Kasih
source: https://freepik.com/

Terkadang kita sebagai orangtua suka lupa ya, Moms untuk mengajarkan anak mengucapkan terima kasih. Atau ketika Moms meminta tolong pada si kecil lalu lupa mengucapkan terima kasih setelahnya.

Padahal, perilaku sederhana ini mampu mengajarkan si kecil untuk selalu mengucapkan terima kasih. Tidak hanya pada keluarganya, tapi juga pada siapapun yang telah memberikannya bantuan.

Tapi jangan marah Moms saat si kecil lupa mengucapkan terima kasih. Moms bisa mengingatkannya dan memberikan contoh untuk mengucapkan terima kasih kepada orang atau teman yang memberi.

baca juga

Ketuk Pintu Sebelum Masuk


Ketuk Pintu Sebelum Masuk
source: https://freepik.com/

Hal sederhana tapi penting diajarkan sejak dini yaitu mengetuk pintu terlebih dahulu sebelum memasuki ruangan atau kamar. Mengetuk pintu sama aritnya dengan meminta izin terlebih dahulu pada si pemilik ruangan. Ajarkan anak tentang adanya ruang privasi orang lain yang perlu dihargai. Bahkan ketika si kecil hendak memasuki kamar orangtuanya serta kakak atau adiknya sendiri, Moms.

Permisi


Permisi
source: https://freepik.com/

Selain mengetuk pintu, ajarkan pula si kecil untuk emnghormati orang lain saat hendak melakukan apapun. Seperti mengucapkan permisi saat melewati orang yang lebih tua. Atau sekedar memberikan gesture sedikit membungkuk. Sikap seperti ini tentunya sudah taka sing dan menjadi tradisi di Indonesia ya, Moms.

baca juga

Minta Izin Saat Meminjam Barang


Minta Izin Saat Meminjam Barang
source: https://freepik.com/

Sopan santun berikutnya yang patut Moms ajarkan pada anak adalah meminta izin saat meminjam barang. Seperti saat si kecil hendak meminjam mainan kakak atau temannya. Bukannya tidak boleh meminjam, namun ajarkan si kecil tentang hak orang lain yang perlu dihormati.

Tersenyum


Tersenyum
source: https://freepik.com/

Jangan lupa juga Moms ajarkan si kecil untuk selalu tersenyum. Seperti saat mengucapkan terima kasih atau ketika bertemu dengan teman-temannya. Memberikan senyuman pada orang lain merupakan bentuk menghargai dan memberikan ekspresi positif. Senyum juga merupakan bagian dari ibadah kan, Moms.