Tapi jangan khawatir, Moms. Pakaian yang menyusut setelah dicuci dapat diatasi dengan bahan-bahan ini, lho. Berikut 4 cara mengatasi pakaian yang menyusut setelah dicuci.

Air Hangat


Air Hangat
source: https://freepik.com/

Celana jeans termasuk salah satu jenis pakaian yang bisa menyusut setelah dicuci. Rasanya tidak nyaman ya Moms kalau memakai celana jeans yang kekecilan. Apalagi jika Moms baru saja membelinya. Duh, pasti kesal dan bingung bagaimana cara memperbaikinya.

Tapi ternyata, celana jeans yang menyusut setelah dicuci bisa diatasi dengan menggunakan air hangat. Caranya cukup mudah kok, rendam celana jeans yang menyusut setelah dicuci dengan air hangat selama kurang lebih 15 menit. Lalu melarkan bagian-bagian yang menyusut dengan menggunakan tangan. Setelah dirasa cukup merenggang, Moms bisa langsung menjemurnya hingga kering.

baca juga

Conditioner


Conditioner
source: https://freepik.com/

Tahukah Moms, selain dapat melembutkan rambut, conditioner juga dapat digunakan untuk melembutkan serat pakaian lho. Khususnya pakaian berbahan dasar katun. Moms bisa menggunakan conditioner saat mencuci pakaian yang menyusut dan mengembalikannya ke ukuran semula.

Siapkan air rendaman yaitu 1 sendok makan conditioner dan 1 liter air hangat, aduk hingga berbusa. Lalu rendam pakaian berbahan katun yang menyusut selama 30 menit. Kemudian kucek dan peras, lalu bentangkan di atas handuk kering dan gulung bersama. Jemur pakaian tanpa perlu membilasnya lagi.

Shampo Bayi


Shampo Bayi
source: https://freepik.com/

Shampo bayi memiliki lebih banyak kandungan pelembab dibandingkan deterjen. Oleh karena itu, shampoo bayi bisa digunakan untuk mengendurkan serat pakaian yang menyusut, khususnya pakaian berbahan rajut.

Caranya yaitu rendam pakaian dengan campuran air dingin dan shampoo bayi selama 30 menit. Cuci bersih seperti biasa, namun hindari memeras pakaian terlalu kencang. Pakaian yang menyusut akan kembali ke ukuran semula.

baca juga

Cuka


Cuka
source: https://freepik.com/

Meskipun dianggap sebagai bahan yang dapat merusak serat pakaian berbahan sintetis ataupun katun, cuka bermanfaat untuk melembutkan pakaian dari bahan wol dan kasmir. Jika Moms memiliki pakaian dari bahan wol dan kasmir yang menyusut, maka gunakan cuka untuk mengembalikkannya ke ukuran semula.

Buat campuran 1 liter air hangat dengan 2 sendok makan cuka. Rendam pakaian selama kurang lebih 15-20 menit. Bentangkan pakaian, sisipkan handuk kering dan gulung pakaian bersama handuk. Hal ini bertujuan agar serat kainnya mengendur. Kemudian regangkan pakaikan dan jemur hingga kering.

Nah, Moms, nggak perlu bingung lagi kan saat pakaian favorit Moms menyusut setelah dicuci. Keempat bahan di atas dapat digunakan untuk mengembalikan baju yang menyusut sesuai dengan bahannya. Selamat mencoba, Moms!