Pepaya Muda Tingkatkan Produksi ASI

Pepaya muda merupakan salah satu buah terbaik yang dapat meningkatkan produksi ASI, Moms. Pepaya yang masih mentah atau belum matang sempurna mengandung kalium yang cukup tinggi yaitu 50% lebih banyak dari jeruk. Dimana kalium merupakan zat yang sangat dibutuhkan busui untuk meningkatkan kualitas dan produksi ASI.

Selain itu, mengonsumsi pepaya muda membantu meningkatkan suasana hati ibu menyusui. Hal ini karena pepaya muda membantu tingkatkan hormon oksitosin dalam tubuh. Dimana hormone ini berperan dalam memperbaiki mood yang juga berpengaruh terhadap produksi ASI.

Pepaya Muda Tingkatkan Produksi ASI
source: https://www.haibunda.com/

Dilansir dari Haibunda, pepaya muda merupakan sumber enzim yang dapat memecah lemak dan karbohidrat. Kandungan enzim seperti chymopapain dan papain lebih banyak terdapat pada pepaya muda yang membantu memecah lemak protein dan karbohidrat.

Kandungan vitamin dan mineral dalam pepaya muda juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya ibu menyusui. Pepaya muda mengandung vitamin A, C, E, K, asam folat serta mineral seperti potassium, magnesium, dan kalsium.

Pepaya Muda Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Pepaya Muda Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan
source: https://freepik.com/

Nggak perlu takut gemuk, Moms! Banyak mengonsumsi pepaya muda tidak membuat berat badan meningkat. Kandungan kalori dalam pepaya muda terbilang rendah dan tidak mengandung kolesterol. Karenanya, pepaya muda turut membantu Moms menurunkan berat badan pasca melahirkan.

baca juga

Tips Mengolah Pepaya Muda untuk Busui

Tips Mengolah Pepaya Muda untuk Busui
source: https://pinterest.com/

Moms bisa mengonsumsi pepaya muda dengan cara memasukkannya ke dalam salad. Untuk menambah cita rasa, tambahkan perasan jeruk nipis, bawang putih dan sedikit cabai. Bisa juga dengan mengolah pepaya muda menjadi beragam masakan seperti ditumis atau dimasukkan dalam sup dan sayur asam.

Waspadai Gejala Alergi

Meski sangat baik sebagai ASI Booster, Moms juga perlu mewaspadai munculnya gejala alergi pasca mengonsumsi pepaya muda. Alergi ini umumnya muncul dari kulit pepaya yang mengandung enzim yang mirip dengan lateks.

Waspadai Gejala Alergi
source: https://freepik.com/

Reaksi alergi dari mengonsumsi pepaya muda ini beragam, mulai dari yang ringan hingga berat. Berikut beberapa gejala alergi yang perlu diwaspadai setelah memakan pepaya muda:

  • Kesulitan bernapas
  • Muncul ruam gatal di area kulit yang menyentuh buah
  • Bibir bengkak
  • Iritasi di mulut dan tenggorokan
  • Diare dan muntah
  • Sensasi terbakar bersamaan dengan radang rongga mulut saat makan pepaya

Berhenti mengonsumsi pepaya muda dan segera hubungi dokter ketika Moms mengalami beberapa gejala alergi di atas, ya.