Menyimpan tempe memerlukan teknik khusus agar tetap segar ketika dimasak. Hampir sama dengan cara menyimpan tahu, berikut cara tepat menyimpan tempe agar awet dan tidak mudah busuk.

Pilih Tempe yang Segar Berkualitas


Pilih Tempe yang Segar Berkualitas
source: https://www.haibunda.com/

Tidak semua tempe yang dijual segar dan berkualitas, Moms. Pilihlah tempe dengan serabut putih seperti kapas berupa jamur yang masih bersih di permukaan tempe. Jamur putih dengan tekstur halus menandakan tempe masih segar. Jika sudah berubah warna, sebaiknya segera tempe segera diolah dan dikonsumsi agar tak membusuk.

baca juga

Simpan dalam Plastik


Simpan dalam Plastik
source: https://food.detik.com

Agar awet dan tak mudah membusuk, sebaiknya simpan tempe dalam keadaan utuh, Moms. Masukkan tempe ke dalam wadah plastik lalu ikat dan tutup rapat, simpan dalam lemari es. Jangan menyimpan tempe dalam freezer karena malah akan membuat tempe cepat busuk.

Masukkan dalam Wadah


Masukkan dalam Wadah
source: https://pixabay.com/

Selain dalam wadah plastik, Moms juga bisa menyimpan tempe di dalam wadah tertutup. Masukkan tempe dalam wadah dan tutup rapat. Simpan dalam lemari es. Cara ini dapat membuat tempe bertahan setidaknya selama 2-5 hari.

baca juga

Bumbui Tempe


Bumbui Tempe
source: https://pixabay.com/

Cara lainnya menyimpan tempe agar awet dan tahan lama adalah dengan membumbuinya. Jika nantinya tempe akan di goreng, Moms bisa menambahkan bumbu seperti garam dan bawang putih. Keduanya dapat mengawetkan tempe agar tidak mudah membusuk. Lalu tambahkan air hingga tempe terendam. Cara ini juga bisa membuat bumbu meresap ke dalam sehingga tempe terasa lebih lezat setelah dimasak.

Jangan Simpan Tempe di Suhu Ruang


Jangan Simpan Tempe di Suhu Ruang
source: https://pixabay.com/

Jika Moms tidak ingin langsung mengolah tempe setelah membelinya, sebaiknya hindari menyimpan tempe di suhu ruang. Sebaiknya letakkan tempe dalam lemari es. Meletakkan tempe di suhu ruang yang tidak menentu dapat membuat tempe lebih cepat busuk.

Pilih Tempe Mentah


Pilih Tempe Mentah
source: https://id.depositphotos.com/

Namun jika ingin menyimpan tempe dalam waktu lama, Moms bisa membeli tempe yang masih mentah. Biasanya tempe yang mentah masih berbentuk biji kedelai yang terpisah dan belum menggumpal serta belum terdapat banyak jamur putih yang menyelimuti. Umumnya tempe mentah ini dijual dalam bungkusan plastik atau daun pisang. Jangan lupa untuk meletakkannya dalam posisi rata dan mendatar ya, Moms.