Cukup Tidur


Cukup Tidur
source: https://pixabay.com/

Waktu tidur yang cukup membantu meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya pada anak-anak. Namun masa pandemi mengubah rutinitas tidur harian. Terutama jika ada anggota keluarga yang bekerja atau belajar dari rumah. Hal ini berdampak pada anak-anak yang enggan tidur siang dan memilih bermain. Padahal Moms, anak-anak yang memiliki waktu tidur cukup, termasuk tidur siang, memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Masak Pelangi


Masak Pelangi
source: https://pixabay.com/

Buah-buahan dan sayuran kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga sistem imun tubuh. Sayangnya, tidak semua orang suka mengonsumsi buah dan sayur beraneka macam warna ini. Apakah si kecil termasuk si picky eater?

JIka ya, cobalah menyiasatinya dengan mengolah buah dan sayuran menjadi makanan hingga minuman yang menarik perhatian si kecil. Bisa juga dengan menambahkan bahan makanan favorit si kecil atau menyelipkannya dalam makanan kesukaan anak.

baca juga

Aktif Bergerak


Aktif Bergerak
source: https://pixabay.com/

Beberapa studi menunjukkan olahraga teratur dapat mengurangi jumlah tubuh terserang flu dalam satu tahun. Jadi, tidak ada alasan untuk mager alias malas gerak ya, Moms. Aktif bergerak demi daya tahan tubuh kuat.

Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukan yang ringan seperti berjalan kaki di sekitar rumah atau di sela jam istirahat, peregangan setelah 1 jam duduk, berkebun atau bergerak membersihkan rumah. Sebuah studi tahun 2019 membuktikan setiap kali berolahraga ringan, sistem imun alami tubuh akan meningkat.

Berjemur


Berjemur
source: https://pixabay.com/

Seperti dilansir dari Parents, Berjemur di pagi hari mampu meningkatkan suasana hati serta menguatkan imunitas tubuh. Hal ini kemungkinan berasal dari vitamin D yang Moms dapatkan ketika berjemur. Sebuah penelitian 2020 menunjukkan bahwa peningkatan vitamin D dapat membantu meningkatkan ekspresi ratusan gen yang dianggap berperan dalam fungsi kekebalan tubuh. Sebelum berjemur, pastikan Moms dan keluarga memakai tabir surya, ya.

baca juga

Cukup Minum


Cukup Minum
source: https://pixabay.com/

Tidak hanya mencukupi kebutuhan cairan tubuh, banyak meminum air putih juga membantu membuang racun dalam tubuh dan memberikan pasokan oksigen ke sel. Agar manfaatnya semakn terasa, Moms bisa membuat infus water dengan menambahkan lemon, kiwi, atau jeruk bali. Tambahan vitamin C alami dalam buah sangat baik untuk tingkatkan daya tahan tubuh.