Air Kelapa


Air Kelapa
source: https://pixabay.com/

Baik kelapa hijau maupun kelapa muda, keduanya memiliki kandungan nutrisi dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Kandungan mineral dalam air kelapa seperti magnesium, kalium, dan zat besi mencegah pengeroposan tulang dan gigi. Kandungan gula alami (fruktosa) dalam air kelapa menjaga kadar gula dalam darah.

Kandungan mineral dalam air kelapa hijau seperti antioksidan dan asam amino membantu meningkatkan kadar antibodi dalam tubuh. Sehingga sangat bermanfaat menjaga kesehatan. Selain itu, air kelapa bermanfaat sebagai pelepas dahaga alami tentunya ya, Moms.

Kopi


Kopi
source: https://pixabay.com/

Bukan sembarang kopi, Moms. Kopi yang bermanfaat untuk mencegah penyakit adalah kopi filter murni tanpa tambahan gula, susu, krimer atau tambahan pemanis lainnya. Kopi filter murni dapat melindungi tubuh dari diabetes tipe 2, penyakit hati, menurunkan risiko penyakit jantung, serta mencegah demensia dan Alzheimer.

Melansir dari CNN Indonesia, berdasarkan studi di National Library of Medicine menyebut kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi kopi secara teratur dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Namun dianjurkan untuk tidak berlebihan mengonsumsi kopi karena dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomnia. Mengonsumsi kopi dalam batas aman adalah 1-2 kopi sehari. Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu jika Moms dan keluarga sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau memiliki riwayat kesehatan tertentu.

baca juga

Teh


Teh
source: https://pixabay.com/

Melansir dari Alodokter, kandungan polifenol dalam teh bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi peradangan dan membantu tubuh melawan kanker. Polifenol juga dapat mengatur pertumbuhan mikroba dalam usus, menghambat pertumbuhan bakteri jahat penyebab masalah pencernaan seperti diare.

Kandungan lainnya yang juga bermanfaat mencegah penyakit adalah flavonoid. Zat antioksidan ini mencegah terbentuknya sumbatan atau plak di pembuluh darah serta mencegah penyakit kardiovaskular.

Air Putih


Air Putih
source: https://pixabay.com/

Walaupun susu bermanfaat di masa pemulihan pasca sakit, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih sebanyak dua liter sehari. Tidak hanya mencegah dehidrasi, air putih juga membantu tubuh terhindari dari beberapa penyakit, seperti sembelit dan batu ginjal. Air putih tidak mengandung kalori sehingga bagus untuk program diet Moms.

Tahukah Moms kalau air putih juga bermanfaat meredakan stres? Hal tersebut karena air putih tidak hanya membawa mineral yang dibutuhkan tubuh, tapi juga oksigen yang dibutuhkan jantung untuk berdetak lebih lambat hingga membuat tubuh merasa rileks serta meningkatkan mood.