Meningkatkan Imunitas Anak


Meningkatkan Imunitas Anak
source: https://pixabay.com/

Tahukah Moms, berpelukan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah anak sakit. Dengan memeluk si kecil, gejala penyakit akibat virus, seperti flu dan batuk dapat lebih cepat membaik. Selain itu, memeluk anak juga membuat kadar hormon oksitosin dalam tubuh Moms dan si kecil meningkat.

Diketahui hormon ini membantu memperkuat imunitas tubuh. Hormon oksitosin juga berpengaruh pada tekanan darah si kecil. Anak yang sering mendapat pelukan dari orangtuanya cenderung memiliki tekanan darah yang stabil. Hal ini tentu sangat baik untuk kesehatan jantung ya, Moms,

Mengatasi Tantrum


Mengatasi Tantrum
source: https://pixabay.com/

Memeluk anak bisa jadi salah satu cara mengatasi tantrum pada si kecil. Memeluk anak membantu menenangkan sistem saraf si kecil, menghilangkan kecemasan serta mengurangi stres. Secara tidak langsung Moms, memeluk si kecil dapat meredakan sisi emosional anak.

baca juga

Mencegah Stres dan Cemas


Mencegah Stres dan Cemas
source: https://pexels.com/

Hormon oksitosin yang meningkat ketika berpelukan bisa membuat anak merasa lebih tenang, bahagia serta nyaman. Dengan memeluk si kecil, Moms membantu memperbaiki suasana hati anak sehingga anak terhindar dari rasa cemas dan stres. Berpelukan secara rutin membantu si kecil tumbuh menjadi anak yang bahagia. Tak hanya si kecil, Moms juga secara tak langsung juga merasakan manfaatnya lho.

Mempererat Bonding


Mempererat Bonding
source: https://pexels.com/

Manfaat lainnya yang tidak kalah penting adalah mempererat ikatan antara Moms dan si kecil. Memeluk anak bisa membantu mengurangi rasa takut serta meningkatkan kepercayaan si kecil terhadap Moms. Ikatan emosional antara ibu dan anak juga akan semakin erat dengan rutin berpelukan. Seperti pada bayi baru lahir, Moms dianjurkan untuk melakukan kontak skin to skin agar bayi lebih cepat belajar menyusu, lebih jarang rewel serta mengurangi masalah tidur pada si kecil.

baca juga

Merasa Dicintai dan Didukung


Merasa Dicintai dan Didukung
source: https://pexels.com/

Memeluk anak menjadi salah satu bahasa cinta yang Moms berikan sebagai bentuk penghargaan pada si kecil. Cara ini membuat anak merasa lebih dicintai, didukung dan diperhatikan oleh orangtuanya.

Meningkatkan Kecerdasan Anak


Meningkatkan Kecerdasan Anak
source: https://pixabay.com/

Rutin memeluk anak ternyata berdampak positif terhadap kecerdasan si kecil lho, Moms. Sentuhan fisik ini dapat menjadi stimulasi untuk tumbuh kembang anak. Sebuah penelitan mengungkap bahwa anak yang mendapat pelukan dari orangtuanya setiap hari memiliki otak yang lebih berkembang dibandingkan dengan anak yang jarang dipeluk. Jadi Moms, berikan sentuhan yang lembut dan penuh kasih sayang agar si kecil mendapatkan stimulasi positif yang sangat penting untuk tumbuh kembangnya ya.

Wah, ternyata banyak sekali manfaatnya untuk si kecil ya, Moms. Tidak hanya Moms, Dads juga perlu memeluk si kecil setiap hari agar merasa dicintai. Jangan ragu untuk memeluk anak secara rutin agar anak merasa nyaman dan tumbuh menjadi anak yang bahagia. Sudahkah Moms memeluk si kecil hari ini?