Mitos atau Fakta Makan Kacang Hijau Lebatkan Rambut Bayi?

Mitos atau Fakta Makan Kacang Hijau Lebatkan Rambut Bayi?
source: https://pixabay.com/

Dilansir dari Health Detik, pakar gizi Leona Victoria Djajadi, MND mengatakan belum ada bukti yang menunjukkan bahwa kacang hijau dapat melebatkan rambut. Faktor genetik orang tua yang menjadi penentu rambut bayi lebat atau tidak.

Meski demikian, kacang hijau memiliki vitamin dan mineral termasuk vitamin E yang dibutuhkan ibu hamil dan janin. Kandungan lemak tak jenuh pada kacang hijau juga dibutuhkan ibu hamil guna mengoptimalkan perkembangan otak janin dalam kandungan. Serta kandungan asam folat yang cukup tinggi pada kacang hijau sangat bermanfaat untuk ibu hamil.

Jadi, tidak ada hubungannya mengonsumsi kacang hijau dengan rambut bayi lebat ya, Moms. Namun ibu hamil juga perlu mengonsumsi kacang hijau karena sejumlah manfaatnya. Berikut manfaat yang bisa dirasakan ibu hamil jika rutin mengonsumsi kacang hijau.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Tahukah Moms, kacang hijau menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang istimewa bagi ibu hamil karena sejumlah manfaatnya. Tidak hanya ibu hamil, Moms yang sedang mnejalani program kehamilan juga dianjurkan untuk rutin mengonsumsi kacang hijau. Berikut ini manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang perlu Moms ketahui:

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil
source: https://pexels.com/

Mencegah Bayi Lahir Cacat
Salah satu penyebab cacat pada bayi adalah karena kurangnya asam folat yang dibutuhkan ibu selama masa kehamilan. Kekurangan asam folat selama kehamilan ini berisiko bayi alami kelainan seperti bibir sumbing, kelainan jantung, serta kerusakan otak akibat tidak berkembang dengan baik. Sebaiknya, konsumsi kacang hijau atau air rebusan kacang hijau sebelum kehamilan guna mencegah cacat lahir pada bayi.

baca juga

Menguatkan Tulang Ibu Hamil dan Janin
Tulang yang kuat membantu ibu hamil tetap fit selama kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi kacang hijau yang kaya kalsium. Kandungan fosfor dan kalsium pada kacang hijau membantu pertumbuhan janin serta menguatkan tulang ibu hamil.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil
source: https://pexels.com/

Bantu Optimalkan Perkembangan Otak Bayi
Kacang hijau juga mengandung thiamin atau dikenal juga sebagai vitamin B1 yang berperan penting selama kehamilan. Mengonsumsi zat thiamin membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi. Tak hanya itu, thiamin juga membantu menjaga sistem saraf dan jantung pada ibu hamil serta membantu perkembangan otak janin di kandungan.