Cari Tahu Alasan Mengapa Bayi Kita Butuh Celemek

Sebelum memilih perlengkapan bayi, kita harus tahu dulu manfaat benda-benda tersebut untuk anak. Moms paham kan, hal yang paling menyenangkan dilakukan oleh bayi saat makan adalah membuatnya berantakan! Mungkin hal itu menganggumu, tapi bagi bayi saat berantakan adalah saatnya dia belajar makan. 

Celemek memang diperlukan untuk menghalau makanan terkena baju sehingga baju si kecil tidak kotor terkena noda. Tapi jika sepertinya baju si kecil tidak terselamatkan karena adanya celemek yang dia pakai saat ini, itu tandanya kita membutuhkan celemek yang lebih besar. Dari pada membersihkan dan mengganti  baju bayi yang kotor sering-sering, lebih baik ita membersihkan celemek makannya kan Moms? Cari tahu jenis-jenis celemek dulu ya Moms sebelum beli.

Tipe Celemek yang Harus Moms Tahu

Moms, ada banyak tipe celemek yang bisa kita beli. Masing-masing tipe memiliki manfaat berbeda untuk si kecil, apa saja? yuk simak

  • Feeding Bibs
Seperti namanya, feeding bibs atau celemek makan dikenakan saat waktu makan. Celemek ini menutupi seluruh leher sampai dengan dada. Ukuran celemek yang lebih besar memungkinkan pakaian si kecil tetap bersih dari noda makanan. Beberapa feeding bibs dilengkapi dengan kantong depan untuk menghalau makanan terjatuh dari mulut bayi sehingga tidak hanya melindungi pakaian bayi dari noda, feeding bibs dengan kantong depan bisa juga melindungi lantai dari tumpahan makanan si kecil.
  • Drool Bibs
Drool bibs memiliki ukuran yang  lebih kecil dibanding feeding bibs. Ukuran yang lebih kecil berfungsi untuk menghalau sumber noda yang lebih kecil seperti liur atau cairan yang menetes. Dibandingkan feeding bibs, celemek ini lebih nyaman dikenakan bayi saat mereka melakukan berbagai aktifitas fisik seperti berjalan, bermain, bahkan berlari. Drool bibs seringkali kita jumpai dalam bentuk segitiga dengan motif yang lucu sehingga lebih stylist dan bisa dipakai kemanapun. 
  • Celemek besar atau smock
Model celemek lain yang biasa dipakai bayi saat makan adalah smock atau celemek makan dengan ukuran besar. Smock menutupi hampir seluruh tubuh bayi dari mulai leher, tangan, sampai badan sehingga kemungkinan besar tidak ada noda yang menempel pada pakaian maupun tubuh bayi.
Selain itu, smock bisa juga Moms pakai saat mengajak anak bermain dengan warna, membuat karya seni atau bermain dengan sesuatu yang bisa meninggalkan noda. Smock bisa dibuka dari belakang, sehingga memungkinkan moms untuk melepas celemek kotor tanpa membuat noda berhamburan.

baca juga

Apa yang Harus Moms Perhatikan Saat Membandingkan Celemek

Moms, ada beberapa kriteria yang bisa mom gunakan saat memilih celemek yang tepat untuk si kecil.
 

  • Mudah kah untuk di lipat?
Celemek adalah perelngkapan bayi yang bermanfaat tidak hanya didalam rumah, tetapi juga di luar rumah. Moms pasti akan sering membawa celemek kemanapun. Mengingat ruang dalam tas bayi sangat terbatas (bawaan Moms pasti juga banyak) maka celemek sebaiknya mudah dilipat dan disimpan dalam tas tanpa memakan banyak tempat.
  • Mudah dibersihkan
Hal yang umum dilakukan para Ibu saat membeli celemek adalah kemudahan membersihkan. Celemek memang diperlukan untuk menghalau noda juga untuk menghindari kemungkinan Moms terlalu sering mengganti baju bayi. Sehingga celemek yang kotor harus sesegera mungkin dibersihkan. Metode membersihkan celemek antara lain dengan mengelap, mencucinya dengan menggunakan mesin cuci atau menguceknya. Merk celemek yang berbeda mengahruskan celemek untuk dibersihkan dengan cara yang berbeda. Oleh karena itu perhatikan aturannya ya Mom agar celemek tidak mudah rusak.
  • Ukuran
Moms, pilihlah celemek dengan ukuran yang tepat untuk si kecil, Ukuran yang pas akan memudahkan si kecik untuk bergerak dengan celemek tersebut. Tapi, saat mom membutuhkan celemek yang bisa menghalau seluruh badan, pilihlah celemek dengan ukuran besar yang menutu seluruh tubuh si kecil.
  • Kenyamanan
Kenyamanan celemek sangat mempengaruhi perilaku si kecil ketika menggunakan celemek. Celemek sebaiknya dibuat dari bahan yang nyaman, tidak menimbulkan iritasi, gatal maupun gerah. Celemek jangan dipasang terlalu ketat agar si kecil leluasa bergerak. 
  • Style
Sering ya Moms, kita menemui bayi dengan celemek segitiga yang nampak seperti syal. Bentuknya yang unik dan motifnya yang lucu membuat kita tertarik untuk membelinyadan mengenakannya ke si kecil ya Mom. Lagi pula, gambar pada celemek juga memungkinkan si kecil mau untuk menggunakannya saat dibutuhkan