Jangan Memaksa


Jangan Memaksa
source: https://pexels.com/

Poin utama dan terpenting mengatasi anak yang picky eater adalah hangan memaksanya. Memaksa anak untuk melahap makanannya hanya akan membuatnya stres. Hal ini juga akan membuat waktu makan terasa tidak menyenangkan bagi anak.

Memasak Bersama


Memasak Bersama
source: https://pexels.com/

Memasak bersama bisa jadi kegiatan menarik bagi si kecil. Terlebih jika Moms mengajaknya membuat makanan favoritnya bersama-sama. Moms bisa melibatkan si kecil ketika berbelanja bahan makanan hingga proses memasaknya. Pada anak yang lebih besar, pintalah ia untuk memotong dan mencuci sayuran.

Jangan lupa juga untuk mengajarkan bagaimana cara membersihkan sayuran dengan benar. Sambil menyelam minum air, Moms juga bisa menjelaskan apa saja manfaat sayuran bagi tubuhnya.

baca juga

Sarapan Bersama


Sarapan Bersama
source: https://pexels.com/

Jangan biarkan anak melewatkan menu sarapannya. Sarapan memberikan energi yang dibutuhkan si kecil untuk beraktivitas hingga siang hari. Sarapan juga merangsang metabolisme tubuh untuk bekerja optimal setelah perut kosong semalaman. Membiasakan anak sarapan akan membuatnya terbiasa makan teratur. Jangan lupa untuk memberikan menu sarapan yang sehat dan bergizi serta ajaklah si kecil sarapan bersama.

Siapkan Makanan dalam Porsi Kecil


Siapkan Makanan dalam Porsi Kecil
source: https://pixabay.com/

Tidak semua anak suka dengan makanan sepiring penuh. Makanan yang disajikan dalam porsi kecil membuat anak dengan mudah menghabiskannya. Jika cara ini berhasil membuat anak melahap makanannya, Moms harus lebih sering memberikan makanan dalam porsi kecil pada anak.

baca juga

Biarkan Anak Aktif Bergerak


Biarkan Anak Aktif Bergerak
source: https://pexels.com/

Aktif bergerak dan mengeluarkan banyak keringat membuat si kecil lebih cepat lapar. Jika rasa lapar muncul, maka nafsu makan cenderung meningkat dan anak akan dengan lahap menyantap makanannya. Ajaklah si kecil bermain, seperti bermain bola, kejar-kejaran, lompat tali, atau berenang.

Buat Menu Makanan Bervariasi


Buat Menu Makanan Bervariasi
source: https://pixabay.com/

Jangan membuat menu makanan yang itu-itu saja, Moms. Anak-anak lebih cepat bosan dengan menu makanan yang sama. Buatlah menu masakan yang bervariasi agar ia tak merasa bosan. Untuk memudahkan, Moms bisa membuat daftar menu makanan harian untuk si kecil. Perlu diingat Moms, tetap buat makanan yang sehat dan bergizi untuk si kecil ya.

Sajikan dengan Tampilan Menarik


Sajikan dengan Tampilan Menarik
source: https://pinterest.com/

Selain bervariasi, cobalah untuk berkreasi dalam menyajikan makanan untuk si kecil. Agar ia tertarik dengan makanannya, Moms bisa menyajikan makanan dengan kombinasi sayur warna-warni dan buatlah bentuk tokoh kartun atau karakter favoritnya. Tidak hanya itu, aroma masakan yang lezat juga dapat menarik minat anak serta menambah rasa lapar sehingga anak akan menyantap makanannya dengan lahap.

Selamat mencoba, Moms.