Kegiatan menyusun resolusi tahun baru bermanfaat agar anak mampu mengembangkan gaya hidup serta kebiasaan yang lebih baik. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu Moms dan si kecil menyusun resolusi tahun baru.

Berikan Contoh dengan Membuat Resolusi untuk Moms Terlebih Dahulu

Anak-anak cenderung belajar dan mengikuti perilaku orangtuanya. Jadi, Moms bisa memberikan contoh dengan membuat resolusi tahun baru untuk diri Moms sendiri. Selanjutnya anak akan belajar dari contoh yang sudah Moms susun.

Buatlah contoh resolusi tahun baru yang jelas, spesifik dan bisa diwujudkan. Jika Moms berhasil mewujudkan dan mencapai tujuan yang diinginkan, maka hal ini dapat memotivasi anak untuk mencapai resolusinya sendiri.

Ajak Anak Mengingat Pencapaian di Tahun Lalu

Ajaklah si kecil mengingat keberhasilan yang telah dicapainya di tahun lalu. Berikan pujian jika ia berhasil mencapai tujuan dan mendapatkan hal yang diinginkannya. Hal ini akan menjadi pengingat bagi si kecil serta memotivasinya untuk terus meningkatkan kemampuan dirinya.

Di samping itu, bantulah si kecil melupakan dan tidak mengingat kegagalan yang dialaminya. Moms bisa membantu anak menemukan cara untuk mewujudkan resolusi tahun depan yang akan disusunnya.

Jangan Buat Resolusi Sesuai Keinginan Orangtua, namun Harus Sesuai Keinginan Anak

Perlu diperhatikan Moms, jangan coba-coba memutuskan sendiri resolusi anak. Bersabarlah dan berikan semangat pada si kecil untuk menentukan keputusannya sendiri. Jika anak sudah memiliki resolusi umumnya, Moms bisa membimbingnya agar resolusi anak menjadi lebih spesifik.

Bimbing anak untuk lebih mengetahui bakat dan minatnya. Tapi hindari memutuskan sendiri resolusi anak. Karena yang terbaik menurut Moms belum tentu jadi yang terbaik bagi anak.

Bantu Anak Menyusun Target yang Realistis

Poin ini menjadi tantangan terberat saat menyusun resolusi tahun baru. Namun Moms perlu memastikan anak menyusun resolusi yang realistis dan spesifik. Misalnya resolusi, “aku akan merapikan tempat tidurku setiap pagi”.

Resolusi yang realistis dan spesifik membantu anak menyadari keterbatasan perilaku yang dimilikinya. Selanjutnya ia bisa menentukan hal apa yang sebenarnya ingin dicapai dengan resolusi yang dibuatnya.

Motivasi Anak Jika Ia Bisa Melakukannya 

Teruslah berikan dukungan pada si kecil untuk mewujudkan resolusinya. Jangan memaksa atau memarahi jika si kecil belum mampu mewujudkan tujuannya. Resolusi merupakan komitmen jangka panjang dan anak membutuhkan dukungan dari Moms untuk mewujudkannya. Motivasi positif dari orang terdekatnya termasuk Moms akan memberikan energi positif pada si kecil.