Ibu bekerja bukanlah suatu hal yang mustahil jika kamu memiliki kemampuan fisik dan manajemen yang baik. Kedisiplinan merupakan kunci utama untuk dapat memaksimalkan tiap waktu untuk diri sendiri, anak, keluarga, dan pekerjaan. Nah, berikut ini adalah tips yang harus kamu tahu agar dapat memaksimalkan potensi diri sebagai ibu bekerja yang produktif.
 

source: https://www.workingmother.com/


 


1. Jadilah Seseorang Yang Tegas Dan Disiplin

Hal pertama yang menjadi kunci untuk dapat sukses mengatur waktu sebagai ibu yang bekerja adalah dengan menjadi seseorang yang tegas dan disiplin. Prinsip ini dapat dipelajari dan dilatih seiring dengan berjalannya waktu. Yang terpenting adalah kamu harus terus berusaha dengan tekad bulat untuk dapat tegas dan disiplin dalam mengatur waktu.
 

source: https://www.salon.com/


 

baca juga


2. Buatlah Jadwal Harian, Mingguan, Dan Bulanan

Kesibukan seorang ibu bekerja tidak lagi perlu diragukan. Karena itu, kamu perlu untuk membuat jadwal kegiatan yang merinci, mulai dari per hari, minggu, dan bulan. Sisipkan waktu untuk bermain dan bertamasya bersama keluarga. Sempatkan juga beberapa hari dalam seminggu untuk mengantar anak ke sekolah agar peranmu sebagai ibu tetap dirasakan oleh anak. 
 

source: http://www.sheknows.com/


Mengingat akan padatnya jadwal, kamu benar-benar harus disiplin dan tegas dalam melakukan tiap aktivitas. Sempatkan juga waktu istirahat dan olahraga agar tubuh tetap fit dan sehat untuk menghadapi segudang kegiatan.
 


3. Berani Berkata Tidak

Ketegasan dalam melakukan segala kegiatan adalah hal penting untuk menjaga waktu dan perhatian dengan proporsi yang tepat. Hindari tawaran kerja lembur atau hangout di malam hari jika kamu sudah menjadwalkan waktu untuk bersama anak dan keluarga. Menjadi profesional bukan berarti harus mengiyakan semua tawaran dari teman kantor.
 

source: https://joannawillis.wordpress.com/


 

baca juga


4. Pelajari Siasat Rumah Tangga

Dalam menjalankan kegiatan rumah tangga agar tetap lancar tanpa terus turun tangan, kamu harus mengetahui siasat untuk segala kegiatan rumah tangga. Mulai dari membuat makanan, membersihkan rumah, hingga mencuci piring dan pakaian. 
 

source: http://www.motherhoodcenter.com/


Beruntung jika kamu memiliki asisten rumah tangga. Jika tidak, kamu perlu untuk mengakali masakan agar lebih ringkas dan mudah. Kamu juga dapat memanfaatkan jasa penitipan anak selama kamu bekerja. Yang terpenting, pastikan tempat kamu menitipkan anak aman dan terpercaya.