Risiko terserang penyakit kulit akan lebih tinggi menyerang Bunda, khususnya anak-anak dengan kekebalan tubuh rendah. Untuk itu, Bunda perlu tahu apa saja masalah kulit yang rentan menyerang anak saat musim kemarau. Semakin cepat tahu gejalanya, semakin cepat penanganannya.

1. Biang Keringat
Biang keringat atau miliaria terjadi ketika pori-pori kelenjar keringat tersumbat dan keringat tidak dapat keluar. Biasanya akan nampak pada kulit seperti bercak-bercak kecil warna merah muda, lecet, atau bintik-bintik di area lipatan tubuh seperti leher, siku, ketiak, atau paha.

2. Eksim
Eksim adalah ruam kulit dengan gejala yang terlihat seperti kulit kering, menebal, bersisik, hingga benjolan merah kecil yang bisa melepuh, dan mengeluarkan cairan jika tergores. Tidak hanya faktor genetik, lingkungan juga memiliki peran penting terhadap penyakit kulit ini.
Beberapa penyebab eksim pada anak di antaranya yaitu AC, suhu yang terlalu panas, keringat dan bakteri, serta klorin di kolam renang.

3. Jerawat
Jerawat biasanya muncul di pipi, hidung, atau dahi. Masalah kulit ini biasanya muncul satu bulan sejak anak lahir dan akan hilang dengan sendiri pada tiga sampai empat bulan pasca kemunculannya. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit pada anak yang umum terjadi dan tidak membahayakan.

4. Panu
Penyakit kulit ini disebabkan oleh jamur dan dapat muncul di bagian kulit mana pun. Panu memiliki warna yang berbeda-beda seperti putih, merah muda, hingga coklat tergantung pada warna kulit anak. Meski tidak berbahaya, panu cukup mengganggu dan membuat anak merasa tidak nyaman.

5. Kulit Terbakar Matahari
Sensasi kulit terbakar rentan dialami anak ketika berada terlalu lama di bawah terik matahari. Sebagian besar kulit terbakar matahari akan memerah, terasa hangat dan menyakitkan. Sebagai pencegahan, oleskan tabir surya pada kulit anak sebelum beraktivitas di luar rumah. Berikan si kecil baju panjang yang longgar dan menyerap keringat serta penutup kepala, seperti topi.

Di musim kemarau, anak juga lebih rentan mengalami masalah kesehatan. Karena itu, pastikan selalu sedia obat-obatan berkualitas di rumah. Bunda bisa membeli obat-obatan yang asli dan berkualitas di Konimex Store.