Di sisi lain, sinar matahari juga memiliki dampak buruk terhadap kulit. Paparan sinar UV yang berlebihan dapat memicu masalah kulit, seperti kulit terbakar, ruam kemerahan, bintik hitam pada kulit, hingga kanker kulit.

Salah satu cara melindungi kulit dari efek buruk sinar UV adalah dengan memakai tabir surya atau sunblock. Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak juga perlu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulitnya.

Namun, memilih tabir surya untuk anak tidak semudah pada orang dewasa, Bunda. Perhatikan beberapa hal ini saat memilih sunblock untuk anak:


1. Pilih yang punya kandungan SPF 15-50
Sun protection factor (SPF) merupakan angka penentu durasi tabir surya melindungi kulit dari sengatan matahari. Semakin tinggi angka SPF, maka semakin lama kulit si kecil terlindungi dari risiko kulit terbakar dan kanker kulit. Para ahli merekomendasikan untuk memilih sunblock dengan SPF tinggi, minimal SPF 30 untuk melindungi kulit anak.

2. Pilih sunblock dengan PA
Perlu Bunda ketahui, kandungan SPF hanya berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar UVB. Oleh karena itu, pilih juga sunblock dengan kandungan PA (Protection Grade of UVA). PA bekerja melindungi kulit dari sinar UVA yang dapat menembus hingga ke dalam kulit dan mempercepat penuaan sel-sel kulit.

3. Pastikan sudah hypoallergenic
Selain itu pastikan sunblock yang Bunda pilih untuk si kecil sudah hypoallergenic. Label hypoallergenic pada kemasan memastikan bahwa produk tersebut memiliki kandungan yang aman serta tidak rentan menyebabkan alergi atau iritasi kulit.

4. Sunblock tidak mengandung bahan pewangi dan pewarna buatan
Selanjutnya, pilih tabir surya yang tidak mengandung bahan pewangi dan pewarna buatan. Sebelum membeli, baca terlebih dahulu kandungan yang tertera pada kemasan apakah produk tersebut mengandung pewangi dan pewarna buatan atau tidak.

5. Pilih sunblock yang nyaman digunakan
Pastikan Bunda memilih sunblock yang aman dan nyaman digunakan si kecil. Mineral sunscreen dengan kandungan Zinc Oxide atau Titanium Oxide bisa jadi pilihan. Hindari tabir surya dalam bentuk spray karena berisiko terhirup si kecil dan berdampak pada kesehatannya.