Cacingan disebabkan oleh parasit cacing yang masuk dan berkembang biak di dalam usus besar dan usus halus. Cacing tersebut akan bertahan hidup dengan menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh serta mengisap darah yang ada pada dinding usus.

Beberapa gejala cacingan yang perlu Bunda waspadai di antaranya sebagai berikut:

  • Wajah pucat dan lesu
  • Berat badan sulit naik
  • Tampak gelisah di malam hari akibat rasa gatal di bagian anus.
  • Kurus dan perut buncit
  • Sering merasa mulas, diare, sembelit, dan mengalami gangguan lambung

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar tidak terinfeksi cacingan, Bunda dan si kecil dianjurkan untuk minum obat cacing secara rutin setiap 6 bulan sekali. Waktu yang tepat untuk minum obat cacing atau setelah gejala cacingan muncul, Bunda.

Nah, gejala yang muncul biasanya tergantung pada jenis cacing yang menginfeksi tubuh. Jika anak merasakan gatal pada anus khususnya di malam hari, maka kemungkinan besar ia terinfeksi cacing kremi. Hal yang harus segera dilakukan adalah minum obat cacing untuk menghambat pertumbuhan cacing kremi agar tak semakin bertambah banyak.

Berikan juga obat cacing bila Bunda menemukan cacing pada feses. Apalagi jika sebelumnya si kecil telah menunjukkan beberapa gejala seperti nafsu makan menurun dan sakit perut. Sebaiknya, rutin minum obat cacing setiap 6 bulan sekali jika Bunda dan keluarga termasuk dalam kategori berikut ini:

  • Bertempat tinggal di tempat endemic cacing, seperti lingkungan kumuh dengan sanitasi buruk.
  • Bekerja di tempat-tempat yang menjadi tempat tinggal cacing, seperti penggali tanah, peternak, petani, dan buruh bangunan.
  • Sering mengonsumsi makanan mentah atau makanan setengah matang.


Perlu diingat Bunda, cacingan tidak hanya menyerang anak-anak. orang dewasa juga bisa terinfeksi cacingan lho.

Ayo Jaga Kesehatan badan, makanan dan lingkungan agar terhindar dari cacingan. Dan pastikan Bunda sekeluarga rutin minum Konvermex tiap 6 bulan sekali. Konvermex adalah obat cacing keluarga dalam bentuk suspensi dan tablet/kaplet yang mengandung Pyrantel Pamoate yang dapat melumpuhkan dan menghancurkan cacing serta mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa memerlukan pencahar.