Moms, saya sangat tertarik sekali dengan sajian lezat satu ini, yaitu Smoothie Bowl. Smoothie Bowl adalah salah satu tren makanan sehat dari smoothie buah dan sayur yang disajikan dalam sebuah mangkuk dan ditata cantik dengan berbagai macam topping buah potong, biji-bijian, susu, yoghurt, atau pun kacang-kacangan sehingga terlihat begitu menarik. Bagi yang suka dengan makanan sehat, Smoothie Bowl merupakan salah satu pilihan favorit.

img.taste.com.au/KZJZuz9r/taste/2016/11/fruity-smoothie-bowl-106970-1.jpeg

Makan semangkuk Smoothie Bowl dapat memenuhi kebutuhan serat untuk tubuh dari buah dan sayur apalagi buah dan sayur dapat mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Tidak hanya serat saja, Moms tetapi juga ada protein dari susu dan kacang-kacangan, ada juga lemak baiknya yang didapat juga dari kacang-kacangan dan buah alpukat.

Smoothie Bowl ini bisa juga dijadikan alternatif solusi bagi ibu-ibu yang anaknya tidak mendapat cukup porsi buah dan sayur setiap harinya. Bagi anak-anak moms yang tidak suka buah dan sayur diharapkan juga tertarik untuk mencobanya. Hmm, dijamin enak dan sehat untuk si kecil, Moms !

Smoothie Bowl kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan serta dapat menjaga agar anak tetap sehat dan mencegahnya dari berbagai penyakit. Cara membuat Smoothie Bowl sangat mudah dan cepat lho, Moms ! Jadikan menu Smoothie Bowl sebagai salah satu menu pelengkap atau selingan si kecil.

Berikut merupakan salah satu resep membuat Smoothie Bowl di rumah, Moms. Saya recook dari resep yang tersedia di cookpad.com dengan sedikit modifikasi untuk MPASI Aruna. Sebenarnya sudah banyak cafe, restoran, atau tempat makan kekinian yang menyediakan Smoothie Bowl sebagai salah satu menunya dan saya sangat ingin mencobanya tetapi sebagai bukti rasa sayang saya kepada anak, saya jadi penasaran ingin membuatnya sendiri di rumah untuk anak saya. Resep ini berbahan dasar buah naga merah, pisang, dan mangga harum manis sebagai smoothienya. Check this out, Moms !

-SMOOTHIE BOWL-
Untuk 2 Porsi (Pagi dan Sore)

Bahan-Bahan :
Smoothie
1/2 Buah Naga Merah
1 Buah Pisang Sunpride
1/2 Buah Mangga Harum Manis
100 ml Plain Yoghurt
Sedikit Air Matang

Topping
Secukupnya Buah Kiwi
Secukupnya Buah Strawberry
Secukupnya Buah Mangga Harum Manis

Cara Membuat :
1. Untuk smoothienya, kupas, potong-potong, lalu bekukan dalam freezer buah naga, pisang sunpride, dan mangga harum manis.
2. Untuk toppingnya, kupas, potong-potong, lalu masukkan ke dalam lemari es buah kiwi, strawberry, dan mangga harum manis agar buah tetap segar (tidak perlu dibekukan dalam freezer).
3. Setelah buah-buahan yang dimasukkan ke dalam freezer membeku, tambahkan plain yoghurt dan sedikit air matang lalu blender.
4. Setelah diblender, tuang smoothie ke dalam mangkuk kecil (saya menggunakan mangkuk makan merk pigeon).
5. Setelah dituang ke dalam mangkuk, hias smoothie dengan topping potongan buah kiwi, strawberry, dan mangga harum manis sesuai selera.
6. Smoothie Bowl siap dihidangkan dan dinikmati si kecil.

Topping yang digunakan dapat bermacam-macam ya, Moms sesuai dengan selera dan ketersediaan yang ada di rumah, dapat juga menggunakan topping buah mix berries (campuran buah berry), seperti blackberry, blueberry, raspberry, dan buah berry lainnya. Smoothie Bowl dengan topping mix berries adalah favorit saya.

www.organicfruitschile.com/wp-content/uploads/2016/12/mix-berries-bowl.jpg

Supaya lebih cantik dan menarik lagi tampilannya, dapat juga taburkan chia seed, kacang almond, dan granola. Tidak ada ketersediaan chia seed, kacang almond, dan granola di rumah saya, dengan bahan-bahan tersebut di atas menurut saya sudah cukup cantik dan menarik meskipun ada bahan-bahan yang kurang. Mungkin moms mau menambahkan dengan bahan-bahan lainnya sesuai keinginan dan selera.

www.seriouseats.com/recipes/assets_c/2014/01/2014-wakeandbake-chia-seed-almond-pudding-thumb-625xauto-375377.jpg

Bagaimana ? Tertarik untuk mencoba dan membuat Smoothie Bowl sendiri di rumah kan, Moms ?

Selamat berkreasi membuat Smoothie Bowl di rumah, Moms. Jangan lupa share hasilnya ya ! Sampai bertemu kembali di Nitta Story selanjutnya...

Trims,
Nitta Yunitasari