Membacakan cerita dengan suara lantang untuk bayi mempunyai manfaat yang dapat menstimulus beberapa kemampuan bayi. Walaupun bayi belum bisa mengerti jalan cerita yang dibacakan, jangan anggap bahwa dia tidak bisa menangkap apa yang disampaikan. Suara, nada bicara, espresi dari ibu dan ayah yang menceritakan dongeng untuknya bisa terekam dalam ingatannya dan menjadi pelajaran komunikasi pertama bagi si bayi.
Jika rutin dilakukan, kemampuannya verbalnya akan terlatih dan juga hubungan emosinal antara bayi dan orang tua pun menjadi lebih erat. Berikut ulasan manfaat membacakan cerita untuk bayi!


 

1. Melatih Kemampuan Bahasanya

Kosa kata yang disampaikan orang tua melalui cerita, dapat membantu perkembangan kemampuannya berbahasa. Jika rutin dilakukan, minimal sejak usia 6 bulan, bayi perlahan-lahan akan bisa menangkap dan mempelajari bahasa yang didengarnya melalui cerita.

1. Melatih Kemampuan Bahasanya
source: http://www.sheknows.com/parenting/articles/995007/6-ways-to-boost-your-babys-vocabulary


 

baca juga

2. Mengajarkan Nilai Moral

Setiap dongeng pasti mempunyai pesan moral dibalik ceritanya. Nilai-nilai yang baik di dalam cerita mengajarkan sejak dini kepada bayi untuk mempunyai karakter positif. Hal-hal yang pertama diajarkan kepada bayi biasanya dapat melekat di dirinya saat tumbuh besar.

2. Mengajarkan Nilai Moral
source: http://www.lawteched.com/teaching-a-toddler-to-talk/


 

3. Melatih Motorik

Buku anak-anak mempunyai desain khusus yang dapat melatih sensor motorik bayi. Bentuk yang lucu, warna-warni yang menarik dan suara yang keluar dari buku dapat menstrimulasi keingintahuan si kecil.

3. Melatih Motorik
source: http://www.motherandbaby.co.id/article/2017/4/10/7937/5-Manfaat-Membacakan-Buku-Cerita-Untuk-Bayi


 

baca juga

4. Mempererat Hubungan Emosional

Pada saat membacakan cerita untuk bayi, waktu kebersamaan dengannya akan lebih intim. Hal ini akan memupuk perasaan nyaman dan hubungan emosional yang lebih erat antara orang tua dan bayi.

 

4. Mempererat Hubungan Emosional
source: http://www.intellbaby.com/how-to-teach-your-baby-to-read/


 

5. Mengajarkan Anak Mencintai Buku

Buku adalah jendela dunia. Untuk orangtua yang ingin si kecil hobi membaca saat besar nanti. Kenalkan buku sejak dini pada si kecil karena dengan buku anak akan mempunyai pengetahuan luas.

5. Mengajarkan Anak Mencintai Buku
source: https://www.babylist.com/hello-baby/best-sippy-cups
5. Mengajarkan Anak Mencintai Buku
source: https://www.babylist.com/hello-baby/best-sippy-cups

Good luck, mommies!