1. Belajar Memompa ASI
Kalau selama ini kamu menyusui langsung si kecil dari payudara, maka sebelum cutimu habis, kamu harus belajar memompa ASI. Oleh karena itu, persiapkan semua alat-alat yang membantumu menghasilkan ASIP. Beberapa di antaranya seperti breastpump, cooler bag, ice gel, wadah ASIP dan sebagainya. Kamu bisa membawa perlengkapan ini memompa ASI di kantor. Sekarang sudah banyak perusahaan yang memberikan izin untuk karyawannya memompa ASI di sela-sela istirahat. Semoga kantormu juga begitu ya, Moms!
 

Hai Working Moms, Begini Trik Jitu Memberikan ASI Ekslusif Untuk Bayi!
source: https://www.babyplus.nl


 

baca juga

2. Jadwal Teratur
Buatlah jadwal memerah yang disiplin ketika tidak bersama bayi. Misalnya, di pagi hari kamu perlu bangun lebih awal untuk menyusui bayi. Lalu pompa ASI setelahnya. Fyi, produksi ASI akan lebih banyak di pagi hari, jadi maksimalkan memompa ASI di waktu ini ya, Moms. Nah, selama di kantor, usahakan untuk tidak meninggalkan jadwal memompa ASI. Sesibuk apapun ibu bekerja, tetaplah luangkan waktu paling tidak selama 10-15 menit untuk memompa ASI. Saat libur, tetap ikuti jadwal seperti sebelumnya, Moms!

Hai Working Moms, Begini Trik Jitu Memberikan ASI Ekslusif Untuk Bayi!
source: https://www.breastfeedingbasics.com


 

3. Tetap Menyusui Langsung
Meski si kecil diberi ASIP, tapi combine dengan menyusui secara langsung juga ya, Moms. Ini bermanfaat untuk bonding dan skin to skin bersama si kecil. Setiap kamu ada waktu, misalnya di pagi hari atau malam hari sepulang bekerja, tetaplah menyusui si kecil. Selain itu, hindari memberikan si kecil ASIP di waktu-waktu menjelang kamu pulang ke kantor, karena akan mengganggunya untuk menyusui secara langsung. 
 

Hai Working Moms, Begini Trik Jitu Memberikan ASI Ekslusif Untuk Bayi!
source: http://parentscart.com


 

baca juga

4. Konsumsi Nutrisi yang Sehat
Pemberian ASI harus diikuti dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi Moms. Dengan demikian, kamu akan menghasilkan ASI yang berkualitas dan tidak mudah capek sehabis menyusui ataupun memerah ASI. Apalagi, kamu harus melakukan berbagai pekerjaan di kantor, jadi benar-benar harus punya tubuh fit dan kuat. Jangan lewatkan sarapan di pagi hari dan selalu sediakan camilan sebagai energy booster saat berada di kantor. Konsumsi cairan yang cukup ya. Untuk ibu menyusui setidaknya mengonsumsi cairan 10-13 gelas per hari. 
 

Hai Working Moms, Begini Trik Jitu Memberikan ASI Ekslusif Untuk Bayi!
source: https://www.today.com


 

5. Selalu Berpikiran Positif
Pikiran juga memengaruhi kamu menghasilkan ASI lho, Moms. Kalau pikiranmu selalu tenang, positif dan tidak stres, maka akan lebih mudah menghasilkan ASI dengan lancar. Karena itu, selalulah berkompromi dengan hal-hal di kantor dan usahanya menerimanya dengan pikiran positif. Hindari terlalu stres ataupun capek. Kamu bisa bernegoisasi dengan bos di kantor. Jelaskan kalau kamu sedang menyusui bayimu secara ekslusif sehingga ia akan memahami dan tidak memberikan pekerjaan yang terlalu melelahkan. 
 

Hai Working Moms, Begini Trik Jitu Memberikan ASI Ekslusif Untuk Bayi!
source: https://static1.squarespace.com