Celemek dengan Bahan Kain


Tapi Mom, melarang anak makan sendiri juga bukan pilihan bijak, meskipun kemungkinan baju kotor lebih kecil. Alih-alih kotor, sebenarnya saat itu si kecil tak hanya belajar makan saja, namun sekaligus belajar mandiri.

Nah Mom, daripada melarangnya, lebih baik kita mencari cara membersihkan noda yang menempel pada celemek si kecil sehingga celemek bisa dipakai kembali. Sebelum membersihkannya, Moms harus memperhatikan bahan yang digunakan oleh celemek. Karena beda bahan, berbeda pula cara membersihkannya. Berikut cara membersihkan celemek bayi agar bisa super bersih, simak ya Moms.

Tidak seperti celemek dengan bahan plastik, celemek berbahan kain harus dicuci dengan benar sehingga celemek benar-benar terbebas dari noda. Celemek berbahan kain dapat dicuci dengan mesin cuci atau dikucek. Jika celemek sangat kotor, sebaiknya rendam celemek beberapa waktu sebelum dikucek atau dimasukan dalam mesin cuci.

Moms bisa menggunakan mesin cuci pada suhu 30 atau 40 derajat jika kotoran yang menempel tergolong ringan. Tapi jika benar-benar kotor, pencucian pada suhu 60 derajat akan memberikan hasil yang lebih bersih. Tapi Mom, perhatikan instruksi perawatan yang tertera pada celemek ya karena satu merk kemungkinan memiliki cara perawatan yang berbeda dengan merk lain. Ada celemek yang harus dicuci pada suhu rendah saja., terutama untuk celemek yang tahan air. 

 

Agar kulit anak tidak iritasi khususnya bagi anak yang memiliki kulit sensitif, Moms bisa menggunakan deterjen yang ramah lingkungan atau deterjen khusus untuk anak-anak. Jika pengikat celemek menggunakan bahan  velcro, maka lepaskan pengikat sebelum Moms memasukan celemek dalam mesin cuci atau merendamnya. Moms bisa juga memasukan ke kantong laundry khusus agar tidak rusak saat menggiling pakaian. 

Oh ya Mom, pisahkan celemek dengan pakaian lain dengan warna yang sama ya Moms. Jika celemek sangat kotor, jangan campurkan celemek dengan pakaian lain saat mencuci Moms, karena bisa saja noda dalam celemek akan menyebar ke pakaian lain. Celemek kain ini mudah kok dikeringkan dengan mesin ataupun dikeringkan dengan cara digantung ditempat terbuka, tapi sekali lagi periksa lagi ya Moms intruksinya.

Celemek dengan Bahan Plastik

Celemek plastik lebih mudah dibersihkan daripada celemek bahan lain. Dan karena celemek ini mudah kering, Moms tidak perlu membeli banyak celemek, cukup satu atau dua yang Moms bisa gunakan bergantian. Nah ini dia cara membersihkan celemek dengan bahan plastik: 
  • Setelah si kecil selesai makan, lepaskan celemek dan kibas-kibas celemek agar kotoran bisa lepas dan jatuh ke tempat sampah yang telah mom persiapkan. 
  • Jika celemek tidak terlalu kotor, maka Moms cukup membersihkannya dengan lap bersih lalu mengeringkannya sekali lagi dengan tisu kering sampai noda benar-benar bersih.
  • Jika noda sangat banyak, mencuci celemek plastik bisa menjadi pilihan Moms untuk membersihkannya. Moms bisa menyikatnya dengan deterjen atau sabun cuci piring yang aman bagi anak-anak. Lalu kibaskan agar air tidak menempel dan keringkan dengan handuk kecil. Biarkan celemek berada di udara terbuka untuk memastikannya benar-benar kering sebelum menyimpannya kembali.

Beberapa merk celemek bayi bisa juga dicuci di mesin pencucian piring (dishwasher), tapi sebelum Moms melakukannya, pastikan dulu ya dengan membaca instruksi pada label celemek. 
baca juga

Menghapus dan Menghilangkan Noda agar Tetap Awet

Tidak ada noda, tidak belajar! Ingatkah Moms dengan tagline ini? Anak-anak memang tidak bisa terpisahkan dari noda, ya. Tapi terkadang membersihkan peralatan anak-anak yang penuh noda setiap hari juga bikin gemas. Tenang Moms, ada kok beberapa cara cepat untuk menyamarkan noda meski tidak bisa membuatnya bersih sempurna. 

  • Cahaya matahari
Moms, ternyata cahaya matahari dapat membantu menyamarkan noda pada pakaian kita termasuk celemek, lho. Gantungkan celemek pada gantungan khusus sesaat setelah dicuci dan jemur celemek di bawah sinar matahari yang bersinar cerah. Sebaiknya ini dilakukan sesaat setelah celemek terkena noda ya Moms, agar noda belum benar-benar menempel pada celemek
  • Cairan khusus pemutih atau pembersih noda
Kita tentu familiar dengan benda ini ya Moms? moms bisa menggunakannya untuk membersihkan celemek si kecil lho. Lakukan pembersihan pada bilasan terakhir ya Moms untuk memastikan tidak ada residu yang tertinggal, karena cairan pemutih ini berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit si kecil.
  • Cuka/vinegar
Moms, jika celemek yang moms gunakan adalah celemek berbahan plastik, maka noda yang paling susah dibersihkan adalah noda minyak dan tomat. Agar tidak menempel, Moms harus membersihkan noda sesaat setelah noda menempel.  Jangan biarkan noda itu mengering lama ya moms. Setelah dilap, bersihkan juga dengan air hangat dengan sabun cuci piring sedikit saja.

Namun jika noda terlanjur menempel, maka kamu bisa merendamnya dengan larutan air yang ditetesi cuka atau vinegar.  Larutan cuka putih atau vinegar bisa membantu menghilangkan nnoda membandel dan memutihkan pakaian.
 

Tapi akan lebih baik kalau Moms sigap mengelapnya sesaat setelah celemek terkena noda, ya. Biasakan membaca intrusksi perawatan kain atau benda yang kita beli ya Moms sehingga benda-benda itu terawat dengan baik. Jangan sampai moms melakukan cara yang salah dalam membersihkan noda di pakaian juga ya.

Selamat membersihkan Moms.