1. Perubahan Hormon 

Ibu hamil memang erat sekali kaitannya dengan perubahan hormon, dimana hal ini berpengaruh dengan kondisi fisik salah satunya sakit gigi. Hal ini bisa terjadi karena gusi meradang dan bengkak yang disebabkan moms terlalu kencang saat menyikat gigi. Selain itu sakit gigi bisa juga terjadi benjolan pada gusi dan kondisi ini memang sering dialami oleh ibu hamil yang menyebabkan moms sulit mengunyah makanan. Untuk mengatasinya moms bisa segera memeriksakan ke dokter spesialis gigi agar dapat penanganan yang lebih baik. 

source: http://momjunction.com

2. Berkurangnya Kekebalan Tubuh 

Selama masa kehamilan tidak jarang ibu hamil yang mengalami masalah kekebalan tubuh, seperti lelah dan mudah sakit. Nah, kondisi ini bsia menyebabkan sakit gigi karena imun tubuh tidak bisa melindungi dari bakteri yang menyerang gigi. Oleh karena itu, baiknya Moms rajin menggosok gigi, khususnya menjelang tidur agar tidak ada sisa makanan yang menyebabkan bakteri bersarang dalam gigi. 

source: http://momjunction.com
baca juga

3. Kekurangan Kalsium

Saat Ibu hamil kekurangan kalsium. hal tersebut karena bayi mengambil asupan kalsium dari gigi Sang ibu. Nah, inilah yang menyebabkan ibu hamil mengalamai sejumlah gangguan seperti sakit gigi atau gigi berlubang. Untuk mengatasinya adalah moms harus meningkatkan asupan harian kalsium selama masa kehamilan. Ada baiknya banyak mengoonsumsi makanan tinggi kalsium seperti kacang-kacangan, ikan, susu kedelai dan juga sayuran hijau super seperti brokoli. 

source: https://momtricks.com

4. Efek Morning Sickness

Masa awal kehamilan wanita pasti mengalami banyak gangguan fisiik salah satunya morning sickness. Kondisi mual hingga muntah ini ternyata berpengaruh dengan kesehatan gigi lho, Moms. Hal ini disebabkan muntahan ibu hamil yang bercampur asam lambung bisa membuat gigi lama kelamaan tergerus oleh asam lambung. Nah, inilah sebabnya email gigi mulai berkurang yang menyebabkan gigi berlubang dan sering sakit. 

source: http://www.scarymommy.com