1. Pilih cerita yang sesuai dengan anak dan punya nilai moral

Membacakan cerita yang disukai dan sesuai dengan anak akan membuatnya lebih tertarik untuk menyimak. Contohnya, anak perempuan akan sangat tertarik dengan cerita tentang fairy tale dan princess. Selain itu juga, harus terdapat pesan dan nilai moral yang terkandung di dalam cerita karena itu akan menjadi pelajaran positif untuk anak.

source: http://www.ebay.com/bhp/winnie-the-pooh-books


 

baca juga

2. Membacakan dengan posisi yang nyaman

Posisi membacakan cerita sambil memeluk si kecil dapat mempererat hubungan emosi antara ayah atau ibu dengan anak. Kamu juga bisa sambil berhadap-hadapan dengan si kecil agar dia bisa melihat ekspresi wajar kita sehingga dia semakin terhibur.

source: http://www.leapfrog.com/en-us/learning-path/articles/why-read-to-babies


 

3. Ekspresif dan gunakan body language

Cobalah untuk berakting menangis saat cerita sedih dan tertawa saat cerita lucu. Gunakan juga bahasa tubuh agar si kecil dapat lebih memahami cerita yg disampaikan. Ekspresi kita saat mempraktikkan cerita juga melatih si kecil untuk mengenali dan mempelajari emosi seseorang.

source: https://www.speechbuddy.com/blog/language-development/reading-with-children-books-techniques/


 

baca juga

4. Pancing si kecil untuk kritis dan kreatif

Jangan hanya membacakan cerita tanpa berinteraksi dengan si kecil, libatkan pula dia ke dalam cerita. Kamu bisa menanyakan pendapatnya tentang cerita dan juga mengajaknya untuk menebak ending cerita untuk melatih kreativitasnya agar si kecil semakin cerdas.

source: https://www.vemale.com/relationship/keluarga/7215-manfaat-mendongeng-untuk-anak.html


 

5. Gunakan properti tambahan

Untuk menambah keseruan cerita, cobalah gunakan properti tambahan yang bisa mendukung cerita. Misalnya saja jika kamu hendak menceritakan tentang hewan-hewan, gunakan boneka tangan untuk lebih menghidupkan cerita.

source: https://www.aliexpress.com/popular/doll-hand.html


 

6. Gunakan buku dengan desain unik

Sekarang ini sudah banyak dijual buku-buku menggemaskan yang didesain khusus untuk anak-anak. Bentuk, gambar dan warna buku bisa membuat si kecil lebih tertarik dan semangat untuk menyimak cerita. Bagaimana, cukup simpel kan membacakan cerita pada anak? Semangat ya, para ibu!

source: https://www.amazon.co.uk/Sara-Fanelli/e/B000APUWXA