1. Latihan Pernapasan
Moms, kamu mungkin pernah mendengar kalau melatih napas inhales dan exhales efektif saat ibu mengalami kontraksi yang intens. Tapi sebenarnya manfaatnya lebih daripada itu lho, Moms. Ternyata latihan pernapasan juga dapat mengurangi stres dan mempercepat persalinan. Pernapasan yang tepat saat persalinan memungkinkan kamu rileks, sehingga merangsang oksitoksi yang membantu membuka serviks sebagai jalan lahir bayi. Menarik napas dalam-dalam akan mengurangi rasa sakit saat kontraksi lho. 
 

source: https://www.motherandbaby.co.uk
<baca juga>

2. Mencari Info Tentang Persalinan 
Di usia kehamilan trimester 3, sebaiknya kamu lebih banyak menambah informasi tentang persalinan. Hal ini akan membantumu untuk lebih rileks menghadapinya. Beberapa hal yang mungkin ingin kamu tahu di antaranya metode persalinan yang kamu pilih, bagaimana agar persalinan berjalan lancar dan sebagainya. Ajak suami untuk mencari tahunya bersama-sama ya, Moms!
 

source: https://www.shutterstock.com

3. Simpan Energimu
Tidur yang cukup dan nyenyak akan membantumu untuk mengumpulkan energi dalam menghadapi persalinan yang akan datang. Mungkin kamu agak sulit menemukan posisi tidur karena perut yang semakin membesar. Carilah posisi tidur yang membuatmu nyaman ya, Moms. Agar lebih rileks putarlah musik yang lembut atau tebarkan aroma terapi dalam kamar. 
 

4. Selalu Libatkan Suami
Kehamilan bukan hanya milikmu saja, Moms tapi suami juga. Oleh karena itu selalu libatkan suami dalam segala hal ya. Kamu bisa meminta suami melakukan pijatan lembut, kontrol bersama ke dokter, menyediakan makanan dan lain-lain. Selain itu, minta ia selalu mendampingimu terutama menjelang persalinan tiba. 
 

source: http://redrockfertility.com
<baca juga>

5. Perhatikan Nutrisi
Di usia kehamilan trimester 3, kamu harus lebih memerhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Menjelang persalinan, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang tinggi gula karena kamu perlu untuk mengumpulkan energi, bukan membakarnya lebih cepat. Konsumsilah makanan dengan karbohidrat yang baik dan buah-buahan seperti pisang. 
 

source: https://www.motherandbaby.co.uk

6. Istirahat Sebanyak Mungkin
Kamu membutuhkan waktu istirahat pada trimester 3 dibanding tahapan trimester sebelum-sebelumnya. Jadi, jangan terlalu menyibukkan diri dengan pekerjaan rumah ataupun kantor yang bisa ditunda. Sebaiknya pergi tidur cepat di malam hari dan bersantai di akhir pekan. Beberapa minggu menjelang persalinan, sebaiknya kamu sudah mengambil cuti hamil dan melahirkan.