Daya Tahan ASIP

Moms, ketahanan ASI perah berbeda-beda, sesuai dengan suhu di mana kamu menyimpannya. Apabila di suhu ruangan, maka ASIP hanya akan tahan dalam waktu 3-4 jam saja. Tapi, apabila suhu di dalam ruangan terasa lebih dingin maka ASIP bertahan hingga 6-8 jam. Kalau mau lebih lama lagi, maka taruh ASIP yang telah susah payah kamu pumping ke dalam kulkas. ASIP yang disimpan dalam kulkas memiliki ketahanan berhari-hari yaitu sekitar 3-5 hari. Cukup lama kan, Moms! 
 

Jangan Asal Simpan ASI Perah, Begini Trik Menjaganya Agar Tahan Lama!
source: https://www.bellybelly.com.au

 
baca juga

Tips Agar ASIP Selalu Segar
Ketahanan ASIP memang sangat penting, tapi kamu juga jangan lupa tentang kesegaran ASIP. ASIP yang segar tentunya akan membuat bayi lebih suka meminumnya. Agar tetap segar, maka perhatikan proses penyimpanannya. Setelah pumping, sebaiknya langsung simpan dalam kulkas. Posisi penyimpanan dalam kulkas pun tidak boleh sembarangan. Pilihlah bagian agak di belakang, karena cukup dingin dan suhunya akan menyegarkan ASI. 


Harus Steril
Selain itu, perhatikan pula masalah kesterilan ASIP ya, Moms. Ketahanan ASIP sangat bergantung pada steril atau tidaknya saat kamu melakukan pumping. Selain mencuci tangan sebelum pumping, periksa pula alat-alat pumping dan wadah penyimpanan ASIP. Sebaiknya cuci semua peralatan dengan air hangat terlebih dahulu agar tidak terkontaminasi bakteri. Bakteri sekecil apapun akan merusak kualitas ASI. 
 

Jangan Asal Simpan ASI Perah, Begini Trik Menjaganya Agar Tahan Lama!
source: http://www.successthroughplay.com

 

Tips Menyimpan ASIP

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) saat menyimpan ASI perah, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui para ibu yaitu: 
 

  1. Wadah penyimpanan harus bersih. Lebih baik gunakan botol kaca, atau botol plastik yang bebas BPA, lalu tutup rapat. Hindari menggunakan wadah berbahan plastik dan botol susu disposable karena mudah bocor dan terkontaminasi. 
  2. Sebaiknya bubuhkan tanggal pada botol ASIP agar kamu tahu kapan ASIP itu harus digunakan. 
  3. Hindari mencampur penyimpanan ASIP yang telah dibekukan dengan yang masih baru.
  4. Langsung habiskan ASIP saat diberikan kepada anak, dan hindari menyimpan kembali sisanya. 
  5. Hindari mengocok botol karena akan merusak komponen utama di dalamnya. 
Jangan Asal Simpan ASI Perah, Begini Trik Menjaganya Agar Tahan Lama!
source: https://www.fatherly.com

 
baca juga

Tips Membekukan ASI

1. Kencangkan tutup botol ASIP sebelum membekukannya.
2. Sisakan ruang sekitar 2,5 cm dari tutup botol, karena volume ASIP akan meningkat saat beku. 
3. Hindari menyimpan ASIP pada pintu lemari es dan freezer.