Tumbuh Kembang Bayi 1 Bulan 

Sejak baru lahir, bayi memiliki berat rata-rata untuk dikategorikan normal dan sehat yaitu sekitar 2500 gr atau 2,5 kg. Berat ini akan terus bertambah seiring dengan tumbuh kembang si kecil. Dalam satu bulan pertama, berat akan bertambah hingga mencapai 5,7 kg. Akan tetapi, acuan ini bukanlah acuan baku, tiap anak memiliki kondisi yang berbeda tergantung pada tingginya juga.
 

source: http://www.huffingtonpost.co.uk/


Tidak hanya itu, beragam perkembangan motorik juga sudah mulai berkembang. Mulai dari menggerakan bagian tubuh anggota gerak seperti tangan dan kaki, hingga mampu menoleh ke kiri dan kanan. Selain itu, kemampuan sensorifk bayi seperti bereaksi pada bermacam-macam bunyi-bunyian, menatap wajah ibu menyusu, dan fokus melihat saat ibu atau ayah berbicara.
 


Tumbuh Kembang Bayi 2 Bulan

Memasuki usia 2 bulan, bayi laki-laki dan perempuan biasanya memiliki berat dan panjang ideal yang berbeda. Untuk bayi laki-laki, biasanya akan memiliki berat badan sekitar 4,2 kg - 6,9 kg dan bayi perempuan 4,0 kg - 6,7 kg. Sedangkan untuk panjang badan, bayi laki-laki diharapkan sudah mencapai panjang 54,4 cm- 62,6 cm, dan bayi perempuan 53 cm- 61,1 cm.
 

source: http://center.babygaga.com/


Perkembangan motorik dan sensoriknya pun sudah semakin meningkat. Di usia 2 bulan, bayi sudah mengembangkan motorik kasarnya dengan ditandai kemampuan mengangkat kepala ketika diposisikan tengkurap. Sedangkan untuk kemampuan sensoriknya, bayi sudah akan mulai mengeluarkan ujaran seperti "oow", serta berekspresi tertawa saat diajak bermain.
 

<baca juga>


Tumbuh Kembang Bayi 3 Bulan

Saat memasuki usia 3 bulan, berat badan ideal bayi laki-laki adalah sekitar 5 kg- 8 kg, sedangkan bayi perempuan berkisar 4,6 kg- 7,5 kg. Kemudian, untuk panjang badan bayi laki-laki usia 3 bulan berkisar antara 57,3 cm- 65,6 cm. Sementara bayi perempuan usia 3 bulan memiliki panjang rata-rata ideal sekitar 53,6 cm - 64 cm.
 

source: https://www.babycenter.com/


Di umur 3 bulan, bayi akan mengalami perkembangan motorik yang cukup signifikan. Misalnya dengan kemampuan menegakan kepala saat duduk serta kemampuan menggenggam yang semakin kuat. Untuk kemampuan sensoriknya, bayi akan mulai merespon orang lain dengan tertawa dan berteriak. Ia juga sudah mulai menyadari keberadaan anggota gerak untuk mengambil barang atau menendang.