Tumbuh Kembang Bayi 7 Bulan

Petumbuhan fisik bayi semakin berkembang seiring dengan pertambahan usianya. Untuk bayi laki-laki yang berusia 7 bulan, berat badan idealnya mencapai kisaran 6,7 kg - 10,3 kg. Sedangkan untuk bayi perempuan, berat badannya akan mencapai 6 kg- 9,8 kg. Untuk panjang badannya, bayi laki-laki akan berkisar 64,8 cm - 73,8 cm dan bayi perempuan 62,7 cm - 71,9 cm.
 

Jangan Sampai Salah, Ini Dia Pedoman Tumbuh Kembang Bayi 7 - 9 Bulan Yang Wajib Moms Tahu
source: http://imold.us/


Di usia 7 bulan, bayi akan mampu untuk menggerakan tangan kanan dan kiri dengan baik. Ia sudah dapat menggerakan kedua tangan untuk melakukan sesuatu. Misalnya saat akan mengambil mainan dengan kedua tangan. Kemampuan sensoriknya juga akan bertambah baik. Ia akan mulai mengucapkan beberapa suku kata mudah seperti "mama", "baba", atau "papa". 
 


Tumbuh Kembang Bayi 8 Bulan

Berada di usia 8 bulan, berat dan panjang badan bayi juga pastinya akan bertambah. Berat rata-rata untuk bayi laki-laki 8 bulan adalah sekitar 6,9 kg - 10,7 kg, sedangkan untuk bayi perempuan adalah 6,2 kg - 10,2 kg. Kemudian, untuk panjang badan bayi 8 bulan laki-laki adalah 66,2 cm - 75 cm, dan 64 cm - 73,5 cm untuk bayi perempuan.
 

Jangan Sampai Salah, Ini Dia Pedoman Tumbuh Kembang Bayi 7 - 9 Bulan Yang Wajib Moms Tahu
source: http://www.pinsdaddy.com/


Memasuki umur ke-8 bulan, bayimu akan sudah mulai bergerak lebih aktif lagi. Kemampuan tulang dan otot yang sudah semakin kuat membuatnya mampu untuk mengeksplorasi untuk mampu berdiri merambat.
 

baca juga


Tumbuh Kembang Bayi 9 Bulan

Di usia 9 bulan, bayi berusia 9 bulan akan memiliki berat badan rata-rata sekitar 7,2 kg - 11,1 kg dan untuk bayi perempuan adalah 6,5 kg - 10,6 kg. Sedangkan untuk panjang badannya, bayi laki-laki 9 bulan memiliki panjang rata-rata sekitar 67,5 cm - 76,3 cm dan 65,3 cm - 75 cm untuk bayi perempuan.

 

Jangan Sampai Salah, Ini Dia Pedoman Tumbuh Kembang Bayi 7 - 9 Bulan Yang Wajib Moms Tahu
source: http://center.babygaga.com/


Di usia 9 bulan, bayimu sudah mulai tumbuh besar dan memiliki perkembangan motorik, sensorik, bahkan kognitif yang semakin meningkat. Salah satunya adalah dengan kemampuan berjalan merambat, melambaikan tangan, menoleh saat dipanggil, dan sudah memiliki keinginan atas sesuatu. Bayi 9 bulan juga sudah dapat diajak bermain dan bercanda layaknya anak kecil.