Cegukan Pada Bayi

Cegukan adalah hal yang biasa terjadi pada kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, saat cegukan terjadi pada bayi, banyak orang tua menjadi khawatir karena takut terjadi masalah dengan pernafasannya. 
 

Cegukan Pada Bayi
source: https://www.whattoexpect.com/


Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir, sebab bayi berusia di bawah 1 tahun memang sering mengalami cegukan. Hal ini terjadi karena adanya kontraksi otot-otot diafragma. Dengan kata lain, tidak ada hubungannya dengan pernafasan. Faktanya, sejak dalam kandungan bayi juga dapat mengalami cegukan, lho!
 

Cegukan Pada Bayi
source: https://id.theasianparent.com/
“Cegukan pada bayi bukan merupakan tanda penyakit tertentu,” - Dr. Najib Advani, Sp.A, MMed. Paed. dari Bagian Kesehatan Anak FKUI RSUPN Cipto Mangunkusumo.
source: https://id.theasianparent.com/


Cegukan pada bayi terjadi akibat adanya kontraksi diafragma yang memisahkan rongga perut dan rongga dada. Itulah sebabnya, cegukan pada bayi bisa dikatakan hal yang biasa dan tidak berbahaya. Cegukan juga dapat dengan sendirinya hilang. Jika bayi terlihat tidak nyaman dengan adanya cegukan, kamu dapat memberikannya minum air hangat. 
 

baca juga

Faktor-Faktor Penyebab Cegukan Pada Bayi


Pada umumnya, cegukan disebabkan karena kontraksi otot diafragma. Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat mengakibatkan cegukan terjadi, diantaranya :

  • Aktivitas makan dan minum bayi. Misalnya, saat bayi makan atau menyusu, ia terlalu cepat menelan dapat mengakibatkan cegukan. Untuk itu, pastikan bayi tidak terburu-buru saat makan dan minum.
  • Perubahan suhu ekstrim. Selain itu, cegukan pada bayi juga dapat disebabkan karena perubahan suhu secara tiba-tiba. Misalnya dari panas menjadi dingin secara tiba-tiba.

 
Faktor-Faktor Penyebab Cegukan Pada Bayi
source: http://www.parenting.com/


 

Bahaya Cegukan


Meskipun begitu, mommy juga perlu mewaspadai kemungkinan dari risiko GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) pada bayi. Penyakit ini lebih populer dengan nama refluks atau kondisi di mana makanan kembali naik ke kerongkongan. Biasanya bayi akan gumoh, muntah, dan terkadang diikuti dengan cegukan. Inilah yang nantinya akan menimbulkan gejala asam lambung pada bayi. Itulah sebabnya, kamu perlu mewaspadai cegukan pada bayi, khususnya yang disertai gumoh atau muntah. 
 

Bahaya Cegukan
source: https://www.boldsky.com