Cegukan Pada Bayi


Cegukan yang terjadi pada bayi biasanya merupakan akibat dari kontraksi diafragma (organ yang memisahkan rongga perut dan rongga dada). Sebab ini membuat cegukan dapat dikategorikan sebagai hal yang lumrah dan tidak berbahaya. Akan tetapi, ada beberapa sebab lain yang dapat menimbulkan cegukan pada bayi, diantaranya :
 

source: https://www.curejoy.com/


 

Penyebab Cegukan Pada Bayi


1. Refluks Asam Lambung
Gastroesophageal reflux atau biasa dikenal dengan kondisi refluks asam lambung adalah saat di mana makanan dari lambung kembali naik ke kerongkongan. Kejadian ini merupakan hal yang biasa sebab katup esofagus pada bayi belum dapat berfungsi dengan sempurna. Ini juga menyebabkan terjadinya kontraksi pada diafragma yang akhirnya menimbulkan cegukan.

2. Overfeeding
Perhatikan kondisi bayi saat kamu memberinya makan atau menyusuinya. Terlalu banyak memberi bayi makan atau ASI dapat menyebabkan lambung mengembang dan bergas. Ini juga dapat meregangkan otot-otot diafragma yang akhirnya mengakibatkan cegukan.

3. Menelan Terlalu Banyak Angin
Jika bayimu meminum ASI atau susu formula dari botol, ia kemungkinan dapat menelan angin atau udara yang ada dalam botol. Hal ini dapat mengakibatkan kondisi yang sama dengan bayi yang overfeeding hingga akhirnya cegukan.  

4. Alergi
Alergi bayi pada susu atau makanan dapat timbul dalam beragam bentuk respon, salah satunya adalah inflamasi pada kerongkongan. Kondisi ini juga akan memberikan reaksi pada kontraksi diafragma yang menyebabkan cegukan.

5. Asma
Jika bayimu memiliki potensi asma, cegukan juga mungkin ditimbulkan karena gejala penyakit ini. Kondisi cabang-cabang bronkus pada paru-paru yang meradang dapat membatasi aliran udara yang masuk ke paru-paru. Inilah penyebab nafas mengi karena kurangnya aliran udara. Selanjutnya, kondisi ini dapat memicu pergerakan spasmodik pada otot diafragma sehingga menyebabkan cegukan. 

7. Perubahan Suhu Ekstrim
Terkadang, perubahan suhu ekstrim, khususnya dari panas menjadi sangat dingin membuat otot-otot bayi berkontraksi lebih cepat. Inilah yang juga mengakibatkan otot diafragma berkontraksi dan mengakibatkan bayi cegukan.

 

source: http://www.wisegeek.com/


 

baca juga


Nah, itulah beberapa penyebab yang dapat memicu terjadinya cegukan pada bayi. Untuk mommy, kamu tidak perlu khawatir jika bayi mengalami cegukan. Yang terpenting adalah tetap mengawai dan identifikasi penyebab cegukan pada anakmu. Jika cegukan terjadi berlebihan dalam waktu yang lama, kamu dapat segera berkonsultasi dengan dokter.
 

source: https://www.modernmom.com/