Memandikan Bayi Baru Lahir


Tubuh rentan bayi baru lahir memerlukan perhatian khusus, apalagi saat akan memandikannya. Sebenarnya, para ahli kesehatan memberikan rekomendasi untuk frekuensi memandikan bayi yang baru lahir sekitar 2 hingga 3 kali seminggu. Frekuensi ini ditingkatkan seiring dengan pertambahan usia bayi. Meskipun tidak setiap hari, solusi mandi spons dapat kamu coba untuk menjaga kebersihan bayi baru lahirmu.

Mandi Spons
Untuk minggu pertama kelahiran bayi, akan lebih baik jika kamu memandikan bayi dengan menggunakan teknik mandi spons. Mandi spons dilakukan dengan menggunakan spons atau lap yang dibasahi dengan air hangat. Bagian tubuh yang perlu untuk dibersihkan adalah wajah, tangan, bagian lipatan, dan area genital bayi.
 

Memandikan Bayi Baru Lahir
source: https://www.babycenter.com/


 

Teknik Memandikan Bayi Baru Lahir


Untuk memandikan bayi baru lahir, kamu dapat menggunakan wastafel yang telah ditutup keran dan dilapisi handuk atau busa lembut pads bagian bawahnya. Kamu juga bisa menggunakan bak mandi bayi yang ukurannya nyaman untuk tanganmu saat memegang bayi.

  1. Isi wadah mandi bayi dengan air hangat. Suhu yang tepat untuk mandi bayi baru lahir adalah sekitar 32,2-37,8 derajat. Jangan lupa untuk mengaduk air agar semua bagian memiliki suhu yang sama. Pastikan juga kamu sudah memeriksa panasnya suhu dengan tanganmu sebelum kamu memasukan bayi ke dalam bak.
  2. Topang bayi dengan baik dan lembut. Cara memegang bayi saat akan dimandikan adalah dengan menopang punggung, kepala, dan leher bayi, lalu perlahan masukkan bayi ke dalam wadah air. Setelah itu, pastikan tangan yang satu terus menopang tubuh bayi sementara tangan yang lain membersihkan.
  3. Bersihkan area wajah dengan hati-hati. Perhatikan saat membersihkan area wajah, kamu perlu lebih cermat, misalnya untuk bagian mata bayi, bersihkanlah dengan cotton pad yang telah dilembapkan menggunakan air hangat bersih. Untuk area mulut, hidung, dan wajah bayi secara keseluruhan, gunakan handuk dengan serat lembut. Perhatikan juga bagian lipatan di leher dan belakang telinga.
  4. Bersihkan area badan dengan seksama. Perhatikan lipatan-lipatan tubuh bayi agar tidak terjadi penumpukan kotoran pad bagian itu.
  5. Area popok dibersihkan terakhir. Jika bayimu perempuan, bersihkan bagian kelamin dengan menggunakan lap basah dengan gerakan dari depan ke belakang. Sedangkan bayi laki-laki, bersihkan area kelamin, juga dibersihkan dari arah depan ke belakang. Khusus untuk bayi laki-laki yang belum disunat, bagian kulup penis ditarik sedikit agar tidak ada kotoran yang mengendap disana. 
  6. Jika sudah, bilas bayimu dengan air hangat bersih dan angkat dengan kedua tangan secara lembut. Kemudian segeralah membalut si kecil dengan handuk kering. Usap tubuh bayi dengan handuk, khususnya bagian-bagian lipatan agar tidak lembap. 

 

Teknik Memandikan Bayi Baru Lahir
source: http://babycare.onlymyhealth.com/


 

baca juga

Tips Penting Memandikan Bayi



Jika kamu sudah melakukan tahapan tadi dengan benar, kamu tetap perlu tahu hal-hal esensial yang harus diperhatikan dalam memandikan bayi berikut ini :

  • Hindari membersihkan area dalam. Pastikan kamu hanya membersihkan bagian luar tubuh bayi. Jangan memasukkan sesuatu ke dalam tubuh bayi, misalnya area liang telinga atau bahkan hidung.
  • Kenali kebiasaan yang cocok untuk memandikan bayimu. Misalnya apakah bayimu lebih senang dimandikan sesudah atau setelah makan.
  • Jangan pernah meninggalkan bayi di bak mandi sendirian. Kamu tidak tahu gerakan apa yang akan ia lakukan dan benda-benda berbahaya apa saja yang ada disekitarnya.

 
Tips Penting Memandikan Bayi
source: https://www.edengracemaids.com/