Memandikan Bayi


Bayi memiliki kondisi tubuh yang berbeda dengan orang dewasa. Mulai dari struktur tulang, sensitivitas kulit, hingga respon lingkungan yang reaktif. Kamu perlu untuk memperhatikan dengan detail apa saja yang perlu diperhatikan dalam memperlakukan bayi, salah satunya saat memandikan bayi.
 

source: http://babies.wolvenlore.com/


 


Waktu Yang Tepat Memandikan Bayi

Tiap orang memiliki preferensi berbeda kapan harus memandikan bayi. Pada dasarnya, bayi dapat dimandikan kapanpun. Bahkan, tiap bayi memiliki kecondongan lebih nyaman untuk kapan dimandikan. Akan tetapi, pastikan kamu tidak menggunakan waktu makan ataupun waktu tidur untuk memandikan bayi. Namun, sebaiknya, memandikanlah bayi dua kali sehari, pagi setelah berjemur dan sore sebelum pukul 5 sore. Bayi sangat rentan dengan suhu dingin, itulah sebabnya waktu-waktu ini lebih disarankan agar bayi tidak kedinginan.
 

source: http://www.motherforlife.com/


 

baca juga


Suhu Air Untuk Memandikan Bayi

Selain waktu yang tepat, kamu juga perlu untuk memastikan kondisi air yang digunakan untuk memandikan bayi sesuai. Bayi rentan terhadap suhu dingin, karena itu mandikanlah bayi dengan air hangat. Akan tetapi, pastikan tidak terlalu panas karena dapat melukai kulit bayi yang masih sangat lembut. Suhu air yang disarankan adalah sekitar 32,2-37,8 derajat.
 

source: https://infantcaretip.wordpress.com/


 


Teknik Yang Tepat Untuk Memandikan Bayi

Ketahui teknik yang tepat untuk memandikan bayi yang baru lahir. Hal ini sangat esensial untuk memastikan tubuh bayi dalam posisi yang benar sehingga tidak mengganggu struktur tulang. Kepala bayi yang masih sangat rentan juga perlu diperhatikan dengan baik dan lembut. Selain itu, area wajah dan genital juga perlu dibersihkan dengan urutan dan cara yang benar, yaitu bersihkan wajah terlebih dahulu dan area genital terakhir setelah seluruh tubuh dibersihkan.


 


 

baca juga


Gunakan Produk Yang Sesuai

Cermatlah dalam memilih produk perawatan bayi. Ketahui bahan-bahan kandungan apa saja yang terdapat dalam tiap produk. Pastikan juga produk yang kamu pilih benar-benar sudah teruji secara klinis aman dan tidak berbahaya untuk kulit bayi yang sensitif.


 

source: https://www.mapleholistics.com/


 


Pastikan Perlengkapan Aman Dan Nyaman Untuk Bayi

Perlengkapan mandi seperti bak, spons, lap, dan handuk yang digunakan saat memandikan bayi harus dipastikan aman dan memang nyaman untuk digunakan pada bayi. Perhatikan kelembutan serat agar kulit bayi tidak mudah iritasi. Selain itu, jangan lupa untuk rutin membersihkan semua perlengkapannya agar selalu steril dan higienis.
 

source: http://www.wallpaperbetter.com/