1. Berat Badan Bayi Rendah 

Ketika masa kehamilan kesehatan gigi ibu memang harus benar-benar terjaga agar selalu dalam kondisi sehat dan tidak menganggu aktivitas janin. Hal ini karena gigi dan mulut Ibu hamil yang kotor atau infeksi, dapat melahirkan bayi dengan berat badan rendah dan bahkan yang terburuk adalah bayi lahir prematur. Untuk mengatasinya yang terpenting adalah menjaga asupan makanan bergizi dan tinggi kalsium, serta rajin menjaga kesehatan gigi dan mulut ya, Moms. 

source: https://www.bubhub.com

2. Perkembangan Janin Terganggu

Perlu diketahui gigi berlubang banyak terdapat bakteri dan kuman di dalamnya dan bisa terserap oleh plasenta lalu masuk ke dalam janin. Nah, hal ini terjadi ketika bakteri dan juga virus tersebut mulai masuk serta menyerang janin, maka munculah hambatan dan perkembangan janin menjadi tidak optimal. Misalnya virus dan bakteri tersebut menyerang organ penglihatan, maka berisiko bayi lahir buta. Oleh sebab itu rajin menggosok gigi dan tidak membiarkan sisa makanan terlalu lama mengendap pada gigi yang bisa membuat gigi berlubang. 

source: http://indianexpress.com
<baca juga>

3. Keguguran

Berdasarkan pennelitian dari Center of Oral and Systemic Disease, University of North Carolina, Amerika Serikat menemukan fakta bahwa, akibat gigi berlubang pada ibu hamil sama fatalnya dengan risiko akibat mengonsumsi rokok dan alkohol selama hamil, yakni dapat mengakibatkan keguguran. Hal ini bisa terjadi karena produksi prostaglandin yang semakin meningkat saat sedang sakit gigi, dimana akan menimbulkan kontraksi yang berisiko pada keguguran, terlebih di trimester pertama kehamilan. Nah, untuk mengatasinya, ketika gigi terasa sakit sebaiknya Moms langsung memeriksakan ke dokter gigi ya. 

source: https://Everydayfamily.com