1. Buah yang Terlalu Asam

Memberikan Si kecil buah-buahan yang mengandung vitamin C memang baik untuk menjaga sistem imun anak. Tapi tahukah moms, memberikan buah-buahan asam seperti jeruk atau lemon justru akan mengikis enamel gigi dan membuat anak sakit gigi. Nah, sebaiknya pilihlah buah-buahan lain seperti strawberry atau jeruk yang tidak terlalu asam. 

source: https://Rhythmsofplay.com

2. Selai kacang

Saat pagi hari biasanya moms menyiapkan sarapan untuk anak-anak dan suami dengan membuatkan roti dengan selai kacang yang banyak. Memang menyehatkan dan rasanya enak, tapi tahu enggak sih moms bahwa selai kecang ini bisa merusak gigi Si kecil lho. Hal ini terjadi karena selai kacang akan menempel dalam waktu lama pada gigi anak sehingga berisiko menyebabkan gigi berlubang.

source: http://onehungrymama.com
baca juga
3. Makanan Manis

Anak-anak memang tidak bisa dipisahkan dengan makanan manis seperti cokelat, aneka kue cokelat, permen dan juga makanan manis lainnya yang mengandung banyak gula. Moms wajib membatasi Si kecil mengonsumsi makanan manis untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Boleh-boleh saja memberikan makanan manis, namun usahakan makanan tersebut tidak mengandung pemanis buatan atau kandungan gula berlebih ya, moms. 
source: https://istockphoto.com

4. Es Batu

Anak-anak gemar sekali mengonsumsi es atau menggigit-gigit es batu dan memakannya. Nah meski terbuat dari air putih, tidak mengandung pemanis, tapi kebiasaan mengunyah es batu dapat membahayakan gigi Si kecil lho moms. hal ini dikarenakan struktur enamel dan es batu yang sama kerasnya dan dapat menyebabkan keretakan pada gigi saat beradu dengan es. Nah, kalau sudah begini gigi anak menjadi rusak dan sakit gigi, 


 

source: http://womanadvice.ru