1. Kumur Air Garam

Cara tradisional ini masih digunakan hingga saat ini sebagai pertolongan pertama ketika sakit gigi. Kandungan yodium yang tinggi dalam garam mampu mengurangi bahkan menghilangkan rasa ngilu dan rasa nyeri akibat sakit gigi. Tak hanya untuk anak-anak, bahkan orang dewasa masih melakukan cara konvensional ini ketika sakit gigi jika kehabisan obat penghilang rasa sakit. Nah, moms saat anak sudah tidak kuat menahan rasa sakit, langsung berikan ia air garam sebagai obat kumur. Lakukan dua hingga tiga kali berkumur sampai rasa sakitnya sedikit menghilang. 

source: http://roger-wilco.com

2. Jeruk Nipis

Kaandungan vitamin C yang tinggi dan rasa asamnya mampu meredakan sakit gigi pada anak lho moms. Caranya mudah kok, potong jeruk nipis berukuran kecil dan letakkan pada gigi anak yang sakit atau berlubang. Kemudian tahan beberapa menit dan kemudian ganti dengan potongan berikutnya. Lakukan ini hingga potongan jeruk nipis habis dan rasa sakit gigi perlaha hilang. 

source: http://yumyumgum.com
baca juga

3. Es Batu

Tahu enggak sih moms ternyata  bagian tubuh yang ditempelkan es batu bisa menimbulkan efek mati rasa, begitu pula pada gigi. Nah, pemberian es batu akan membantu meredakan rasa sakit yan diderita anak. Caranya mudah kok moms, letakkan es batu pada bagian gigi yang sakit, lalu pijat-pijat perlahan. Pemijatan dengan es batu akan langsung menyentuh pusat saraf dan mengurangi rasa sakit gigi anak. 

source: http://ayurvedaupay.com

4. Cengkeh

Seperti diketahui, cengkeh memiliki kandungan antioksidan, inflamasi, anti bakteri dan sebagai anestesi, dimana dapat membunuh bakteri dan menghilangkan sakit gigi pada anak. Caranya mudah kok moms, teteskan minyak cengkeh ke gelas yang berisi air kemudian kumur-kumur. Jika moms tidak memiliki minyak cengkeh, moms dapat merebus beberapa batang cengkeh denga segelas air matang. Setelah itu rebus hingga airnya berkurang, kemudian setelah hangat-
kuku anak bisa menggunakan air cengkeh sebagai obat kumur.

source: http://lifecarenews.in