1. Gunakan Teether

Teether merupakan jenis mainan khusus yang bisa digigit-gigit oleh si kecil untuk mengurangi rasa gatal dan nyeri pada gusi. Teether ini terbuat dari bahan sejenis karet lembut dan aman jikan masuk ke dalam mulut si kecil. Terlebih dahulu masukkan teether ke dalam lemari es (bukan freezer), agar gigi anak merasa lebih nyaman dengan rasa dingin. Sebaiknya moms membeli teether dengan kualitas baik dan jangan asal harga murah karena justru dapat membahayakan pertumbuhan gigi si kecil. 

source: http://www.beeandbaby.com

2. Tekan-tekan Gusi Si Kecil

Ketika bayi tumbuh gigi ia akan merasakan tidak nyaman pada gusi seperti rasa nyeri, gatal dan pegal. Cara mengatasinya adalah dengan menekan-nekan gusi si kecil menggunakan jari tangan moms yang sudah dilapisi kain kasa steril. Tekanan jari pada gusi si kecil akan membuat dia tenang karena rasa nyeri akan berkurang. 

source: http://www.cekalergi.com
baca juga

3. Berikan Camilan Sehat 

Ketika bayi tumbuh gigi biasanya saat usia si kecil menjelang 6 bulan ke atas, dimana ia sudah mulai diperkenalkan dengan MPASI (makanan pendamping ASI). Nah, moms bisa memberikannya camilan sehat seperti sayur-sayuran rebus seperti wortel, kentang, atau labu untuk mengurangi rasa gatal di gusi dan gigi anak yang baru tumbuh. Namun sebaiknya sayuran dipotong-potong dalam ukuran besar untuk menghindari risiko bayi tersedak ya, moms. 

 

source: https://id.pinterest.com

4. Handuk Dingin

Nah, ini juga salah satu solusi yang tepat untuk menghilangkan rasa nyeri saat Si kecil tumbuh gigi, dengan menggunakan handuk dingin. Jika moms tidak mempunyai teether handuk dingin bisa meredakan rasa sakit, dengan cara merendam kain atau handuk ke dalam air yang berisi batu es. Setelah handuk dirasa cukup dingin, kemudian tekan-tekan ke bagian gusi Si kecil hingga dia merasa nyaman dan rasa sakitnya menghilang. 

source: https://bukalapak.com