MSG atau monosodium glutamat adalah garam natrium dari asam glutamat. Dengan MSG masakan mommies memang lebih umami. Umami artinya gurih, yaitu rasa di luar asin, manis, asam, dan pahit yang biasanya membuat ketagihan.

Jika mengecap masakan yang memakai MSG, indra pengecap mommies akan menangkap bahwa itu menyerupai rasa daging sapi atau ayam. MSG memang memberikan rasa lezat pada masakan. Namun, jika konsumsi makanan yang mengandung MSG tidak dibatasi, banyak sekali kerugian dari segi kesehatan. Misalnya, memicu obesitas, alzeimer,dan memicu kanker. 

Nah, karena masakan mommies di rumah disantap seluruh keluarga termasuk mommies sendiri dan buah hati, ada baiknya mulai sekarang mengurangi dampak yang ditimbulkan dari seringnya makan makanan yang mengandung MSG. Masak tanpa MSG juga bisa enak, lezat, dan disukai keluarga loh! Caranya dengan menggunakan bumbu dapur dan bahan berikut!
 
1. Aneka bawang, seperti bawang putih, bawang merah dan bawang Bombay.


                                google.com

-Bawang putih memang menjadi primadona dalam memasak. Aromanya pun ketika ditumis atau direbus dapat menggugah selera dan bikin perut keroncongan.

-Bawang merah juga tidak kalah penting untuk memperkaya cita rasa sebuah masakan. Campurkan 5 siung bawang putih dan 5 siung bawang putih yang sudah dihaluskan atau dichop ke dalam masakan mommies, maka masakan akan lezat dan tasty.

-Bawang Bombay ini cocok sekali untuk memasak menu ala eropa dan jepang, seperti saus daging untuk spaghetti, dan teriyaki. Rasanya yang manis dan aromanya yang harum sangat membantu menciptakan rasa lezat pada masakan.

2.    Daging ayam dan daging sapi. Sebagian besar mommies sudah tahu bahwa 2 daging ini bisa menjadi kaldu dalam masakan. Kaldu membuat rasa masakan lebih tegas dan gurih.


http://meatinfo.ru/data/news/316366/11.jpg

3.    Tulang sapi, iga dan ceker ayam. Ketika bahan yang dominan tulang tadi, juga punya andil besar dalam pembuatan kaldu pada masakan berkuah seperti sayur sup dan bakso

 
 https://cdn.pixabay.com/photo/2011/04/05/10/11/leg-disc-6067_640.jpg

4.    Ikan teri dan udang kering. Teri bukan hanya cocok dijadikan sambal teri kacang, tapi bisa dijadikan salah satu unsur penyedap dalam masakan. Baik rebusan, kukusan, maupun tumisan. Begitu juga dengan Ebi atau udang kering. Hanya saja, mommies harus perhatikan adanya efek alergi yang ditimbulkan anak dan suami setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung sea food.

 
http://3.bp.blogspot.com/-oOl1XTbG9ic/ThHd7MKGZjI/AAAAAAAAAAo/qpmOOLoAYG0/s1600/foto-1.jpg

5.    Aneka daun-daunan dan rempah yang umum dijual dan mudah didapat. Seperti daun jeruk purut  dan daun salam. Kalau rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, ketumbar, lada, sereh, kunyit, ketumbar, kencur, kapulaga, kayumanis dan kemiri.


http://www.netralnews.com/foto/2017/02/19/197-ilutrasi_biji_rempahdoklaxmicurry-718x452.jpg

Penggunaan bahan di atas tidak lepas dari peran garam sebagai pelengkap rasa. Gunakan garam dapur secukupnya, atau gunakan sea salt yang teskturnya lebih kasar jika ingin lebih sehat. Selamat mencoba masak di rumah menggunakan bahan-bahan di atas ya, mommies!