Tak hanya bentuk tubuh yang berubah, saat hamil Moms juga harus merubah beberapa hal demi Si Kecil di dalam kandungan seperti mengurangi aktivitas hingga menjaga pola makan. Sayangnya tak sedikit Ibu hamil yang masih bandel melakukan apa saja sampai Ia mengalami keguguran.

Keguguran adalah kondisi di mana berakhirnya kehamilan pada usia di bawah 20 minggu kehamilan. Menurut para ahli, keguguran umumnya terjadi di tiga bulan pertama kehamilan yaitu 80% dan 20% di usia kehamilan tiga sampai lima bulan.
 

source: http://www.alodokter.com



Lalu, apa yang menyebabkan terjadinya keguguran? Yuk, Moms simak berikut ini.

Penyebab keguguran biasanya disebabkan karena adanya kelainan kromosom di mana sel telur dan sel sperma yang berhasil membuahkan atau hamil tidak memiliki kualitas sel yang baik. Namun, ada hal yang dapat Moms lakukan untuk menjaga kesehatan janin yaitu dengan memerhatikan asupan gizi sebelum, saat dan setelah kehamilan.

Saat hamil, Moms memang diharuskan sangat memerhatikan asupan makanan seperti asam folat, zat besi, zinc, magnesium dan mikro nutrisi lainnya. Namun, selain faktor kromosom, keguguran juga bisa terjadi karena beberapa faktor seperti berikut:

source: http://thingshealth.com
<baca juga>

 

  1. Keguguran bisa disebabkan karena adanya infeksi yang bisa terkena dari makanan maupun udara. Namun, untuk memastikannya tetap Moms harus melakukan pemeriksaan darah.
  2. Faktor hormonal atau kekurangan kadar hormon progesteron juga dapat menyebabkan kehamilan menjadi tidak kuat sehingga terjadi keguguran. Biasanya dokter yang mengetahui kondisi ini akan memberikan obat penguat kandungan untuk pencegahannya.
  3. Paparan lingkungan misalnya terpapar oleh radiasi yang berat atau zat kimia beracun.
  4. Gangguan atau penyakit, seperti Moms memiliki penyakit gula, gagal ginjal, kanker dan lain-lain.
  5. Inkompetensi serviks yaitu adanya kelemahan otot atau mulut rahim yang membuat rahim tidak dapat menutup sehingga kehamilan akan keluar dengan sendirinya.
  6. Kelainan bentuk rahim Moms.
  7. Penggunaan obat-obatan tanpa resep dokter juga dapat menyebabkan keguguran lho Moms.
source: http://adventureinwellbeing.com