1. Jangan Gunakan Sembarang Botol

Agar ASI perah awet yang pertama harus moms lakukan adalah memilih botol yang tepat sebagai wadah ASI. Nah, yang harus moms lakukan adalah dengan menggunakanbotol kaca atau botol plastik yang memiliki label khsusus dan bebas dari bahan-bahan berbahaya. Agar lebih udah, moms isa membeli botol susu di toko khusu atau saat ini sudah banyak botol susu khusus yang di jual di toko belanja online. 

source: http://zazashop.vn
2. Lakukan Sterilisasi

Sebelum botol ASI perah digunakan sebaiknya lakukan terlebih dahulu sterilisasi botol untuk membunuh kuman dan bakteri di dalamnya. Moms bisa merebus botol di dalam air mendidih selama kurang lebih 3 menit agar botol terbebas dari kuman. Setelah itu keringkan botol menggunakan lap bersih dan langsung tutup botol agar tidak ada kotoran atau bakteri yang masuk
source: http://tolongsebarkan.com
<baca juga>

3. Langsung Masukan Ke Lemari Es

Setelah moms memerah ASI segeralah tutup botol dengan rapat dan masukan ke dalam lemari es. Perlu diketahui moms, sebenarnya ketahanan ASI perrah bisa awet dan dalam keadaan baik selama 6 jam dalam suhu ruangan. Namun jika moms ingin menyetok ASI perah untuk jangka waktu yang lama, moms bisa membekukannya di dalam freezer. Nah, ASI yang dibekukan ini bisa bertahan hingga enam bulan jika freezer bersuhu 0 hingga 18 derajat celcius. Selain itu yang perlu diingat, jangan mengisi ASI terlalu penuh di dalam wadah botol atau plastik, karena volume ASi akan bertambah jika dalam keadaan beku.

source: https://prelo.co.id

4. Beri Label Tanggal Pada Botol

Untuk menghindari Si kecil mengonsumsi ASI yang sudah basi atau tidak layak, setelah memerah ASI beri tanda di botol kapan ASI diperas. Misalnnya moms menyantumkan hari atau tanggal pasa botol ASI perah. Selain itu perlu diketahui,  ASI yang disimpan dalam lemari es khusus untuk menyimpan ASI, maka ASI perah bisa bertahan selama 2 minggu lho, moms. 

source: http://upstation.id