1. Tonjolan Di Geraham
Ternyata pertumbuhan gigi anak sudah dimulai sejak dalam kandungan lho, Moms. Tapi bentuknya masih berupa tonjolan pada geraham atas dan bawah. Tonjolan ini muncul saat janin berusia 6 minggu. Nah, calon gigi ini akan tetap tersembunyi pada bagian geraham hingga bayi berusia 3 higga 7 bulan setelah dilahirkan. 

 

source: https://www.buggnews.com

2. Gigi Seri
Pertumbuhan gigi susu pertama anak atau disebut erupsi gigi biasanya terjadi saat ia berusia kurang lebih 6 bulan. Bagian gigi yang pertama tumbuh adalah gigi seri atas dan bawah bagian tengah. Gigi seri bagian tengah ini akan tumbuh secara berpasangan. 2 pada bagian rahang atas dan 2 di bagian rahang bawah. Lalu, di usia 12 bulan gigi seri akan menjadi 8 buah, 4 di bagian atas dan 4 di bagian bawah. 

 

baca juga

3. Gigi Geraham
Setelah 8 gigi seri tumbuh, maka akan diikuti dengan gigi geraham. Gigi geraham pertama ini tumbuh saat anak berusia 12 hingga 16 bulan. Gigi geraham juga tumbuh secara berpasangan, yaitu 2 pada geraham atas dan 2 pada geraham bawah. 
 

source: https://www.thebump.com


 

4. Gigi Taring
Saat anak berusia sekitar 16 hingga 24 bulan, maka gigi susunya akan bertambah dari 12 menjadi 16 buah, karena gigi taring yang berfungsi mengoyak makanan mulai tumbuh. Ada 4 gigi taring yang tumbuh yakni 2 pada bagian rahang atas dan 2 pada bagian rahang bawah. Pertumbuhan gigi taring juga diikuti dengan gigi geraham kecil yang letaknya di belakang gigi taring. Geraham kecil ini berfungsi untuk menghancurkan makanan. 

5. Gigi Susu Tumbuh Semua
Di usia 2-4 tahun, gigi susu anak telah tumbuh semua. Jumlah gigi susu ada 20 yaitu 10 pada bagian atas dan 10 pada bagian bawah. Perawatan gigi susu anak sama halnya dengan orang dewasa, yaitu harus disikat secara rutin setiap hari. 
 

source: http://www.momjunction.com


 

baca juga

6. Pertumbuhan Gigi Tetap
Gigi susu anak akan digantikan dengan gigi tetap. Pertumbuhan gigi tetap biasanya terjadi ketika anak berusia 6 atau 7 tahun. Adapun urutan pertumbuhan gigi tetap hampir sama dengan gigi susu yaitu: 

  1. Gigi seri pertama rahang dan rahang bawah.
  2. Gigi seri kedua rahang dan rahang bawah.
  3. Gigi taring rahang atas dan rahang bawah. 
  4. Geraham kecil pertama rahang atas dan rahang bawah.
  5. Geraham kecil kedua rahang atas dan rahang bawah.
  6. Geraham besar pertama rahang atas dan rahang bawah.
  7. Geraham besar kedua rahang atas dan rahang bawah.
  8. Geraham bungsu rahang atas tahun dan rahang bawah.
source: http://www.parents.com