Kapan Gigi Anak Tumbuh?

Seperti dijelaskan sebelumnya, pertumbuhan gigi setiap anak berbeda-beda. Ada bayi yang usianya 8 bulan baru tumbuh gigi, ada pula yang tumbuh giginya lebih awal yaitu sekitar 4 bulan. Tapi, mayoritas bayi mulai tumbuh gigi sekitar usia 6 bulan. Perlu kamu ketahui Moms, kalau pertumbuhan gigi merupkan proses yang panjang. Kadang butuh waktu 2,5 tahun untuk menumbukan semua gigi susu. 


Urutan Pertumbuhan: 

source: https://www.motherandbaby.co.uk


 

baca juga

Gejala Tumbuh Gigi

Saat anak mengalami pertumbuhan gigi yang pertama, ia mungkin akan merasa tidak nyaman. Bayi tidak bisa tidur dan tidak mau makan karena rasa sakit yang dirasakan. Gusinya pun memerah dan bengkak. Selain itu, muncul ruam di bagian pipi atau dagu akibat air ludah yang menetes terutama saat bayi sedang tidur. 
 

source: https://sg.theasianparent.com


 

7 Tips Menyamankan Bayi saat Tumbuh Gigi

1. Untuk menenangkan bayi, berikan teether yang sudah didinginkan dalam kulkas untuk digigit. Buat bayi berusia di atas 6 bulan atau sudah makan, kamu bisa memberinya air dingin atau pisang yang telah dimasukkan ke dalam kulkas. Rasa dingin dari teether, air dan pisang akan menyamankan rasa sakitnya. 

2. Trik lain adalah dengan memberikan bayi kain flanel bersih yang sudah direndam dengan air hangat, untuk dihisap. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi nyeri pada gusi. 
 

source: https://www.popsugar.com
baca juga

3. Coba pertimbangkan memberikan obat pereda nyeri pada bayi seperti parasetamol atau ibuprofen yang lebih efektif mengurangi pembengkakan. Tapi, kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai obat yang tepat ya, Moms. 

4. Selain parasetamol dan ibuprofen, ada beberapa pereda nyeri seperti teething granules dan teething gel yang juga bisa digunakan untuk meminimalisir rasa nyeri. Kedua jenis pereda nyeri ini memang khusus dibuat untuk bayi. Coba cari di apotik atau toko obat dan baca aturan pakai dengan detail sebelum memberikannya kepada bayi ya, Moms!
 

source: https://www.dermstore.com

5. Pelukan dan ciuman atau skin to skin contact dipercaya dapat meredakan nyeri karena menghasilkan hormon oksitoksin. Jadi, selama bayi tumbuh gigi selalu dekat-dekat dengannya ya, Moms.