Bayi Jerawatan Itu Normal

Ternyata muncul jerawat pada kulit bayi merupakan hal umum yang terjadi pada bayi, Moms. Jadi jangan khawatir berlebihan ya. Jerawat bisanya terlihat saat bayi baru lahir, tapi paling sering muncul saat usia bayi sudah beberapa minggu. 

Umumnya jerawat muncul di bagian pipi, dagu, dahi dan punggung. Bentuknya mirip jerawat pada anak remaja berupa benjolan putih atau merah. Tentu saja bayi akan merasa tidak nyaman dengan kehadiran jerawat ini, dan akan terasa nyeri kalau suhu sedang panas, disentuh atau tergesek oleh baju yang dipakainya.
source: https://babygooroo.com


 

<baca juga>

Penyebab Bayi Jerawatan

Penyebab jerawat pada bayi baru lahir belum diketahui secara jelas, tapi para expert mengemukakan kalau hal itu kemungkinan diakibatkan oleh hormon yang diterima bayi dari ibu saat kehamilan di trimester ketiga. Selain itu, faktor lainnya adalah ibu mengonsumsi atau menggunakan obat tertentu selama hamil, sehingg memicu munculnya jerawat bayi. Pada beberapa kasus, juga disebabkan karena kulit bayi bereaksi terhadap produk perawatan kulit, terutama yang berminyak karena menghalangi pori-pori. 
 

source: https://www.verywell.com


 

Tips Merawat Jerawat Bayi

Jangka waktu kesembuhan jerawat pada bayi berbeda-beda. Ada yang sembuh hanya dalam waktu beberapa minggu, tapi ada pula yang berbulan-bulan. Kecepatan sembuh ini juga bergantung pada caramu merawatnya, Moms. Nah, beberapa perawatan yang dianjurkan adalah: 
  1. Tidak diperbolehkan untuk memberikan obat jerawat pada jerawat bayi. 
  2. Hindari menyentuh, menggosok kulit bayi, bahkan membasuh ataupun memandikan bayi terlalu sering karena bisa menyebabkan iritasi.
  3. Hindari mengaplikasikan lotion pada jerawat bayi karena hal itu malah akan memperparah jerawat. 
  4. Cukup basuh wajah bayi dengan air dan sabun khusus bayi, lalu keringkan dengan menepuk-nepuknya dengan lembut. 
  5. Moms, sebenarnya kehadiran jerawat tidaklah terlalu mengganggu kesehatan bayi, jadi jangan merasa cemas berlebihan. Biarkan suhu ruangan agak dingin agar bayi merasa nyaman. 
source: http://baby.healthguru.com