1) Kompres Payudara dengan Air Hangat

Tips merawat payudara pada ibu hamil adalah kompres dengan air hangat. Payudara terasanya nyeri atau sakit saat hamil adalah hal wajar. Selain nyeri, payudara juga akan bengkak dan kesemutan. Biasanya kondisi ini terjadi ketika kehamilanmu berusia 4-6 minggu dan selama trimester pertama. Untuk meringankan rasa nyeri itu, kamu dianjurkan mengompres kedua payudara dengan air hangat atau air dingin. Lakukan saat kamu sedang dalam keadaan rileks ya.
 
source: http://www.wikihow.com/Alleviate-Breast-Tenderness


 



2) Pakai Bra yang Menyangga Payudara dengan Baik

Karena payudara makin berat saat hamil, jadi kamu harus memilih bra yang bisa menyangga payudaramu dengan baik. Carilah bra (tanpa kawat) dengan tali dan karet yang lebar, pastikan panjang talinya juga dapat diatur. Sebaiknya pilih bra yang berbahan dasar katun asli bukan sintetis, agar lebih nyaman dan membuat kulit payudara bisa bernapas lega. Selain itu, sebaiknya kamu juga menyangga payudaramu saat tidur. Sports bra berbahan katun, maternity bra, atau pregnancy sleep bra dapat menjadi pilihan.

source: https://www.captainmums.com/mums/breasts-after-breastfeeding


 

baca juga



3) Oleskan Krim Pelembap Secara Rutin

Payudara yang membesar dan bengkak akan  membuat kulit sekitar payudara meregang, dan meninggalkan stretchmark. Selagi kulit payudara meregang, payudara juga bisa terasa gatal lho. Redakan rasa gatal dan jaga kulit payudara tetap kenyal dengan mengoleskan pelembap setelah mandi dan sebelum tidur.

source: http://www.physique2005-5962.org/natural-breast-enlargement-cream/


 



4) Lakukan Senam Payudara ini!

Salah satu cara merawat payudara adalah melakukan senam payudara. Kamu bisa mencoba dua gerakan sederhana ini.

 
Gerakan I:  Posisi berdiri, pegang lengan bagian kiri bawah dekat siku menggunakan tangan kanan. Begitu pula sebaliknya, pada posisi yang sama seperti orang bersedekap. Tekan dengan kuat ke arah dada sambil mempererat pegangan, sehingga akan terasa tarikannya pada otot-otot dasar payudara. Selanjutnya, lemaskan kembali. Ulangi hingga 30 kali.

Gerakan II: Pegang bahu dengan kedua ujung tangan (tangan kanan memegang bahu kanan dan tangan kiri memegang bahu kiri). Kemudian, putar siku tangan ke arah depan, sehingga lengan bagian dalam dapat memijat bagian samping payudara ke arah atas.

source: http://stylesatlife.com/articles/breast-tightening-exercises/