Hari 1-Mengatur Rutinitas Tidur Bayi

Pernahkah kamu mendengar bahwa kebiasaan bayi tidur yang tidak teratur karena bayi belum mengenal siang dan malam? Sebagian besar bayi baru lahir memang mengalaminya, tidur siang dalam waktu yang lama dan terbangun pada waktu tidur yang seharusnya. John Herman, Ph.D., direktur klinis Sleep Disorders Center di Children's Medical Center of Dallas, mengatakan bahwa telah ada penelitian terbaru yang menunjukan bahwa bayi dapat diajari perbedaan atara siang dan malam ketika ia dalam kondisi aktif.

Orang tua harus mulai memberikan informasi melalui isyarat terhadap bayi, kapan bayi harus tidur dan kapan bayi harus bangun. Bangunkan bayi Anda pagi-pagi sekali, dan tidurkan pada waktu-waktu tidur yang seharusnya seperti siang dan malam hari. Rutinitas ini selalu meningkat diwaktu yang sama setiap hari. Posisikan tempat tidur bayi di dekat jendela dan pastikan tirai tetap tertutup meski tidak rapat. Biarkan cahaya matahari masuk lewat celah-celah tirai, karena cahaya alami bisa membantu mengatur ritme Circadian atau yang biasa dikenal dengan jam biologis manusia.

Bayi akan mengenali cahaya sebagai tanda ia harus bangun dan kapan ia harus tidur. Pada pagi atau siang hari, bayi akan tahu bahwa itu adalah saat ia bangun dan bermain. Saat gelap mulai datang, bayi juga akan tahu bahwa saat itu adalah waktunya untuk mengakhiri hari. Padamkan lampu ketika malam tiba atau gunakan cahaya yang redup sehingga saat bayi terbangun pada malam hari ia akan kembali tidur lagi karena kondisi ruangan yang gelap.
 

Hari 1-Mengatur Rutinitas Tidur Bayi

Hari-2 Perhatikan kebiasaan bayi Anda sebelum tidur

Setelah Moms mengajarkan pada bayi tentang siang dan malam berikutnya adalah perhatikan kebiasaan bayi sebelum tidur dan apa saja yang membuatnya terbangun. Ada beberapa bayi yang sensitif terhadap suara tapi ada juga bayi yang "tidak respon" terhadap suara apapun dan ia tetap tidur meski suara keras terdengar disekitarnya.

Kebiasaan yang membuat bayi tidur lelap maupun gelisah saat tidur juga harus menjadi catatan dalam melakukan latihan ini, catat respon yang terjadi setelah anda menenangkan bayi misalkan tidak semua bayi akan tidur setelah mandi air hangat bahkan bayi tersebut bisa saja segar setelah mandi. Maka kamu tidak disarankan untuk memandikannya sebelum tidur.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah kebiasaan menyusu atau makan bayi. Jika bayi lapar saat menjelang tidur, susui dengan kondisi relaks dan lampu yang padam. Hindarkan dari kegiatan apapun yang dapat menstimulasi gerakan bayi. Mulai atur waktu makan atau menyusu dengan cara memberikan makan pada saat bayi bergerak aktif atau saat kita bermain bersamanya, sehingga pelan-pelan bayi akan tau kapan saatnya makan dan kapan saat ia harus tidur. Jangan menyusuinya terus menerus ya Moms. 

Moms juga bisa menggunakan suara yang menenangkan seperti desingan pendingin ruangan, atau radio dengan suara yang statis. Hal ini akan membuat bayi pelan-pelan tertidur dan nyenyak sepanjang ia tidur. 

Hari-2 Perhatikan kebiasaan bayi Anda sebelum tidur
baca juga

Hari-3 Letakan Bayi di Tempat Tidur dan "Biarkan" Ia Menangis Sebelum Tidur

Mantapkan hati untuk meletakkan bayi ditempat tidur saat ia masih terjaga. Jika ia tertidur saat sedang menyusu, kamu bisa membangunkannya pelan-pelan hingga matanya terbuka sebelum anda meletakannya di tempat tidur. Jangan biarkan bayi lelap dalam gendongan ya Moms, meskipun hal ini akan membuatnya menangis keras.

Bayi menangis itu wajar kok Moms. Biasanya orang tua akan memberikan respon saat bayi mulai menangis karena lepas dari hal yang membuatnya nyaman saat tertidur seperti dot, botol atau saat menyusu Ibunya. Padahal bagi bayi, menangis adalah salah satu cara ia protes, lama-kelamaan bayi akan tertidur juga meski diawali dengan tangisan. Meskipun demikian, pastikan kondisi dan semua kebutuhan bayi terpenuhi sebelum melakukan langkah ini ya. Karena membiarkan bayi menangis tidak baik juga untuk psikologisnya. 

Hal yang perlu diingat adalah melakukan kebiasaan ini akan lebih mudah saat bayi masih berusia dibawah lima bulan karena tangisan akan reda dengan sendirinya setelah 15 atau 20 menit. Hal ini akan berbeda dengan bayi yang usianya lebih besar, mereka membutuhkan waktu lebih lama saat orang tua mengubah kebiasaanya.
Hari-3 Letakan Bayi di Tempat Tidur dan "Biarkan" Ia Menangis Sebelum Tidur

Hari-4 "Abaikan" Cara Bayi Menarik Perhatian Anda

Moms, jika malam sebelumnya bayi menangis saat kebiasaanya di ubah maka malam berikutnya bayi mulai belajar bahwa "tidak cukup hanya dengan menangis" untuk menyatakan keberatannya. Bayi kemungkinan akan memperpanjang durasi menangis, maka hal yang harus anda lakukan adalah mengecek secara berkala kondisi bayi tanpa harus menggendongnya. Tunggu bayi sampai terlelap. Konsisten adalah kunci keberhasilan proses ini, jangan menyerah meski bayi protes semakin keras. Sekali saja anda menyerah dan tidak konsisten, maka hal ini akan memberikan celah pada bayi untuk protes lebih lama.
 
"Abaikan" untuk melakukan kontak mata dengannya terlalu lama ya Moms, dan jangan pula meladeni nya ketika ia mengajak anda bermain saat waktu tidur tiba. Meskipun saat itu, kamugemas ingin bermain dengannya. 

baca juga

Hari-5 Perhatikan Waktu Menyusui Bayi

Sebagian besar bayi akan berhasil mengikuti ritme ini setelah lima atau enam hari. Maka pada hari ke lima ini, anda mulai bisa menerapkan kebiasan ini lebih mudah. Periksa kondisi bayi sesering mungkin dengan menjaga jarak anda dengan bayi dan jangan membuat stimulasi apapun sehingga bayi anda terbangun termasuk saat mengganti popoknya yang basah. 

Kebiasan yang harus kamu perhatikan adalah kebiasaan bayi menyusu atau makan saat tengah malam. Saat bayi kamu lapar atau haus, berilah makan atau susu sepelan mungkin. Kamu bisa memeluknya tanpa bersuara saat menyusui. Jangan terpengaruh mitos bahwa bayi yang lebih berat menyusu lebih banyak ya Moms. Bayi terbangun tengah malam juga belum tentu karena lapar, biasanya hal ini terjadi karena kebiasaan kita yang memberinya makan secara terus menerus. Bayi yang terus diberi makan kemungkinan akan lebih sering pipis atau bab sehingga membuat tidurnya tidak nyenyak.

Hari-5 Perhatikan Waktu Menyusui Bayi

Hari-6 Persiapkan bayi menjelang tidur

Di hari ke enam ini, bayi sudah mulai memiliki kebiasaan untuk tidur sendiri tapi tetap konsisten ya Moms. Memastikan persiapan bayi menjelang tidur bisa Moms lakukan untuk membuatnya tidur nyenyak. Ganti baju bayi dengan piyama atau baju tidur yang nyaman, aturlah suhu dengan menyalakan pendingin ruangan, bersihkan tempat tidur dan padamkan lampu atau ganti dengan lampu tidur. Jika anda ingin bercerita atau mengajaknya berdoa, lakukan itu sebelum waktu tidur dalam kondisi lampu sudah padam. Lalu lakukan kebiasan dari awal.

Moms, sudah bisa ikut berbaring di dekatnya dan ikut tertidur. Pastikan tidak ada suara apapun sehingga Moms bisa sigap saat bayi membuat pergerakan : tandanya bayi membutuhkan sesuatu. 
Hari-6 Persiapkan bayi menjelang tidur

Hari-7 Anda Juga Ikut Tidur Nyenyak

Moms, di hari terakhir ini kamu akan lebih lega karena saat mendapati bayimu sudah mulai memiliki kebiasaan tidur yang baik. Kebiasaan tidur yang baik sama pentingnya dengan kebiasaan menjaga kebersihan diri yang akan berguna sampai ia dewasa. Maka voila.. sekarang waktunya kamu juga ikut tidur ya Moms. 



 

Hari-7  Anda Juga Ikut Tidur Nyenyak

Jika kamu konsisten dengan latihan ini selama beberapa pekan berikutnya, tidur nyenyak akan kembali anda dapatkan. Surga deh kalau sudah begini ya Moms. Kebiasaan tidur ini akan terbawa sampai ia besar. Memang sih ada beberapa hal yang bisa mengubah kebiasaan tidur ini, seperti sakit, sedang liburan, atau datangnya saudara baru. Tapi jangan khawatir, Bayi anda akan lebih mudah kembali ke kebiasaanya saat dia sudah berdamai dengan keadaan itu karena ia sudah melalui latihan lain paling sulit : Latihan tidur sendiri.