Apa itu metode Fading?

Metode fading sebenarnya bukanlah metode untuk melatih anak tidur melainkan salah satu cara untuk mendisiplinkan bayi Anda. Fading sendiri merupakan sebuah teknik perilaku untuk membentuk perilaku yang diinginkan secara bertahap dengan cara memberikan stimulus di awal atau stimulus yang mampu menampilkan respon yang diinginkan secara terus menerus kepada seeorang dan selanjutnya stimulus itu dihilangkan.

Hasil akhirnya, seseorang diharapkan mampu merespon lingkungan yang sebenarnya secara alamiah. Jadi penggunaan metode fading untuk mendisiplinkan si kecil tidur sebenarnya adalah sebuah cara untuk mendisiplinkan waktu tidur si kecil sehingga si kecil mampu mengenal dan merespon waktu tidurnya alih-alih orang tua lah yang memaksanya tidur.

Ada dua pendekatan untuk meakukannya yaitu menemani bayi tidur sampai ia tertidur lelap lalu pelan-pelan tinggalkan. Atau orang tua menjauh secara perlahan dan mengeceknya secara berkala sampai bayi tertidur lelap.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa metode ini bisa dilaksanakan lebih awal, pada bulan-bulan pertama kehidupan anak sampai anak beranjak balita. Untuk banyak orang tua, metode ini memberikan waktu istirahat lebih baik lho Moms. Untuk melakukannya, perlu tahapan dan strategi, berikut penjelasannya.
 

source: https://www.babycenter.com

Bagaimana fading bekerja?

Ada tiga hal yang harus orang tua perhatikan saat melakukan pendekatan fading untuk mendisiplinkan anak tidur. 

  • Orang tua dan bayi bekerja sama untuk menemukan waktu tidur "alami" anak sehingga orang tua tidak perlu memaksa anak melakukan rutinitas tidur sesuai keinginan anak.
  • "Sleep onset latency"  atau jumlah waktu yang dibutuhkan seseorang untuk tidur setelah berada ditempat tidur (dalam kasus ini, setelah bayi diletakan ditempat tidur bayi). Idealnya waktu yang dibutuhkan untuk bersiap tidur adalah 20 menit. Ketika si kecil tidak tidur juga melebihi batas waktu, itu berarti si kecil belum mengantuk. Jika si kecil tidur dalam waktu 5 sd 10 menit, itu tandanya si kecil memang sangat mengantuk atau kelelahan.
  • Hal terakhir adalah menemani anak untuk mempersiapkan diri sebelum tidur. Tidur adalah saat yang tepat untuk kita beristirahat, jadi ketika tidur hal yang kita butuhkan adalah ketenangan. Maka, persiapkan si kecil untuk menciptakan rasa tenang sendiri sebelum tidur bukan orang tua yang memintanya untuk diam lalu tidur. 
Setelah memahami kunci keberhasilan fading, maka orang tua dapat melanjutkan ke tlangkah berikut. Ada tiga langkah dalam metode fading untuk mendisiplinkan si kecil tidur. Simak yuk
 
source: http://www.kidsfirstaid.com.au
baca juga

Langkah pertama : Menemukan Waktu Tidur Alami Bayi Anda

Beberapa hari sebelum metode fading dimulai, anda harus mencatat kebiasaan tidur si kecil. Ada dua cara yang bisa Moms lakukan, yaitu :Perhatikan kapan saja si kecil mengantuk dan apa saja yang ia lakukan untuk menunjukan bahwa si kecil mengantuk sampai bagaimana ia bisa tidur.

Setelah Moms tahu kapan bayi mengantuk dan tidur maka alarm tidur sudah mulai kita buat. Jangan lupa gunakan catatan tertulis yang rapi ya Moms. Informasi ini sangat penting bagi kita untuk membantunya menemukan waktu tidur alamiah anak kita.

Cara lain adalah "response cost". Anda memberikan stimulus ke si kecil sebelum ia tidur, Letakan si kecil di tempat tidur ketika ia menunjukan tanda-tanda mengantuk atau waktu-waktu tidur.  Lalu tunggu si kecil sampai dengan 15 menit, jika ia belum tertidur maka berikan ia waktu tambahan 30 sd 60 menit untuk bermain ditempat tidurnya sampai ia jatuh tidur. Lakukan itu berulang-ulang sampai Anda menemukan waktu alamiah si kecil tidur ditandai dengan semakin cepatnya si kecil tidur jika ia diletakan di tempat tidur. 
 
source: http://www.1freewallpapers.com

Langkah Dua : Melakukan Ritual Sebelum Tidur

Moms, banyak cara untuk mempersiapkan bayi sebelum tidur ya? Nah, ternyata ritual tidur ini harus dilakukan secara konsisten paling tidak dua hari. Pelaksanaan ritual tidur yang konsisten dapat membantu anak untuk menemukan ketenangan sebelum tidur.

Untuk memulainya, ritual tidur sebaiknya dilaksanakan pada malam hari sehingga anak mengenali saat itu adalah saat ia harus mengakhiri hari. Biasanya ritual tidur yang bisa dilakukan adalah : mencuci tangan kaki atau membersihkan badan dengan air hangat, sikat gigi atau membersihkan gigi bayi, mengganti baju si kecil dengan piyama atau baju tidur bersih, merapikan tempat tidur, bercerita, dan berdoa. 
 
source: http://dubaieye1038.com
baca juga

Langkah Tiga : Mundur Secara Perlahan Sebelum Anak Tidur

Moms, langkah terakhir adalah saatnya Anda mengurangi peran untuk menemani Anak tidur. Jika dua langkah sebelumnya kuta menemaninya ketika anak siap-siap tidur. Langkah berikutnya adalah meninggalkan anak secara perlahan sampai ia terlelap.

Caranya adalah dengan memberikan waktu lebih lama sebelum waktu tidur tiba. Jika anak anda membutuhkan 15 menit untuk persiapan tidur, maka Anda harus mempersiapkan 15 menit lebih awal untuk mempersiapkan anak menjelang waktu persiapan tidur sehingga total waktu yang dibutuhkan adalah 30 menit, lalu pelan-pelan mundur 15 menit sebelum waktu tidur anak. Lakukan ini setidaknya selama dua hari sehingga mungkin Anda akan menyelesaikan metode fading ini dalam satu minggu. Lama sih Moms, tapi sepadan kok dengan hasil yang diharapkan.

Moms, ketika kebiasaan tidur anak sudah mulai terbentuk, bisa saja Anak mengulangnya lagi ke kebiasaan awal sebelum metode fading ini dimulai. Maka, kita harus konsisten melakukannya dari awal lagi secara lebih pelan.

Mungkin anak membutuhkan waktu lebih lama untuk menerima kebiasaan baru ini. Ketika anak menangis karena kebiasaanya di ubah, maka biarkan ia menangis beberapa saat, tapi ingat ya Moms, anak harus terpenuhi segala kebutuhannya sebelum ia tidur dan mungkin akan menangis.
 

source: http://www.momtastic.com