Kapan Bayi Mulai Duduk?

Umumnya pencapaian kemampuan duduk pada bayi berbeda-beda Moms. Ada yang sudah mulai belajar duduk saat berusia 4-6 bulan. Lalu duduk sendiri tanpa dibantu saat usia 7-8 bulan dan duduk dengan sigap di usia di atas 9 bulan. Beberapa bayi bisa duduk dalam waktu cepat dan tidak jarang pula yang membutuhkan waktu yang lama dan perlu kesabaran untuk melatihnya. Nah, kesiapan bayi untuk berlatih duduk enggak hanya dilihat dari umur saja, Moms. Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu: 
 

Kapan Bayi Mulai Duduk?
source: http://taylormadedoulas.com


1. Bayi Sudah Bisa Mengangkat Kepala dan Menggerakkannya
Siap tidaknya bayi belajar duduk bisa dilihat dari kesiapan ototnya terutama otot di bagian leher. Kalau bayi sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri lalu menggerak-gerakkannya maka itu pertanda kalau perkembangan tulang belakang dan lehernya mulai sempurna. Biasanya hal ini terjadi saat bayi berusia di atas 3 bulan. Nah, kamu bisa mulai melatih bayi duduk dengan meletakkannya di permukaan yang empuk dan tentunya aman. 
 

baca juga

2. Mampu Membalikkan Tubuh
Selanjutnya, tanda kalau bayi sudah bisa dilatih duduk adalah bisa membalikkan badannya sendiri ketika berbaring. Misalnya dari posisi telentang ke tengkurap ataupun sebaliknya. 

Kapan Bayi Mulai Duduk?
source: https://www.thebump.com

3. Bayi Bisa Meraih, Memegang dan Menggerak-gerakkan Benda
Kemampuan motorik halus sangat berperan untuk membantu bayi belajar duduk. Dengan mampu meraih dan memegang sesuatu maka itu pertanda motorik halus terutama kemampuan tangannya sudah berkembang cukup baik. Kemampuan tangan sangat penting untuk menopang tubuh bayi saat duduk nantinya. 
 

Tahapan Usia Bayi Belajar Duduk

Usia 3-4 Bulan
Di usia ini, otot leher bayi sudah cukup kuat sehingga ia bisa mengangkat kepala dan menggerak-gerakkannya, ketika dalam posisi tengkurap. Ini adalah tanda awal bayi akan memasuki fase bisa menopang dirinya sendiri.

Usia 5-6 Bulan
Bayi mungkin sudah bisa mencapai posisi duduk dengan kepala dan punggung tegak lurus. Ketika tidak ditopang, bayi tetap bisa mempertahankan posisi duduknya itu dalam waktu yang sebentar. 
 

Tahapan Usia Bayi Belajar Duduk
source: http://pregnancyandbaby.com

Usia 7-8 Bulan
Bayi sudah bisa duduk tanpa ditopang dengan punggung yang lurus. Ia pun tak bergantung pada tangan dalam menopang badan, sehingga bisa bergerak bebas meraih benda-benda di sekitarnya. 


Usia 8 Bulan
Bayi sudah bisa duduk sendiri secara mandiri, tanpa dibantu dan ditopang.