Haii..

Mau lanjutin cerita kemarin, mon maap ceritanya nanggung.    
Haha ini ngetiknya dlm keadaan kriyep kriyep ngantuk sambil nunggu jadwal kasih susu ulo. :p

Okekkkkk kita lanjutkan ya, terakhir cerita ttg Ulo lahir ke duniaaa❤.

"  HOOEA OAAAA EYAAAAA HUAAAA "

eee ada bayik sapa tuh? Nangisnya kenceng bgt

" SELAMAT IBU ANAKNYA PEREMPUAN CANTIK SEKALI .. Kita IMD ( inisiasi menyusu dini ) dulu ya.. "

Aku " iya dokter terimakasih "
Ngomong sambil mengigil kedinginan huhuu..

Setelah Operasi Caesar aku di bawa ke kamar untuk pemulihan, fyi saya memutuskan melahirkan melalui Operasi Caesar krn kemauan sendiri bukan karena tindakan darurat apa apa. 

Setelah di kamar proses meyusui si ulo di bantuin poppa. Ulo pintar sekali nenennya. Syukurlah gak drama sama per- ASI annnn. Langsung banyak, ALHAMDULILLAH REZEKI AURORA. 

sehari setelah ulo lahir, datanglah dokter anak  yg membantu saya melahirkan dengan Dr. Setyowati Sudjatmiko, Sp.A
.Dokter Setyowati ini juga Spesialis Ginjal anak, setelah dia memberikan selamat atas kelahiran, lalu JRENGGGG..

Beliau memberikan berita kurang enak,
Dokter : " anaknya sehat, nangis kencang, tapi saya ingin memberitahu bahwa setelah test telinga anak ibu belum merespon, Koklea ( rumah siput ) pada telinga belum berfungsi, gpp nanti di coba lagi umut  6 sampai 12 bulan ya "

Aku : " baik dok terimakasih ,lalu yg lainnya bagimana dok??"

Dokter :" yg lainnya saya ingin memberitahukan kalau anak ibu dibagian ubun ubun di kepalanya sudah menutup " 

Aku: " maksudnya gmn dok? Kalau sudah menutup nanti bagaimana kedepannya??"

Dokter " gini kalau anak ibu kejang, atau muntah muncrat range sampai 1 thn kita periksa melalu CT Scan atau MRI ya"

Aku " baik dok terimakasih "

Setelah dokter keluar kamar jujur aku santai bgt, syiooook bgt juga engga. Karena apaaa??? Aku belum puas sama jawabannya dokter tersebut. Kaya masih bertanya2, ya trus kenapa kalau sudah menutup? Emng ubun ubun itu umur brp bs menutupnya?.. 

Ya aku masih sibuk dengan pemulihan pasca operasi juga, sibuk dengan menyusui ulo, sibuk dengan ganti popok ...
( eh ini enggak deng kl ulo pupup tinggal pencet tombolll ajee .. hahaha ) 

Pada saat itu aku di temani mamah ku, mamah ku selalu positive thinking orngya, mencoba menenangkan aku kalau cucunya baik baik saja

Aku " iya ya mah aku ngerasa ada yg aneh sama bentuk kepala aurora mah, lebih manjang kebelakang tapi ke atas, kok gk bulat sempurna, terus ubun ubunnya juga gak ada nyutttt nyuttt nyuuutt begitu. "

Mamah " itu palanya mungkin kaya panjul gt deee,, kamu dulu bgitu juga kok atau aldy bentuk kepalanya gak bulat bgt. udah gak usah pikirin dulu adek  fokus sembuh dl ya, sama itu susuin anaknya laper kali diaa , ni mama suapin ya biar asi mu banyak "

Dari situ aku gak mau mikir banyak, masih bengong sih gak sabar mau kasih tau poppa, saat itu poppa (( poppa ini nama lain panggilan ayah buat ulo )) udh masuk kerja, krn ada urusan jd cutinya gak bisa lama. Ah nunggu dia pulang deh..

Gak lama suami tlp menanyakan keadaan ku dan ulo. 
Poppa : " gimana kalian? Dokter udh ada yg datang belum?

Aku " sudaah, katanya ade ini pendengaranya blm ok bs di test lg umur 7 bulan kok semoga gpp sih, oh iya sama ubun2nya katanya ketutup, jd bs di evaluasi dl sampai umur 1 thn ada kejang gak "

Poppa :" kenapa itu ? Bahaya itu ? Atau bagaimana ? Penyembuhannya bagimana? Hmm memang awal aku lihat aurora ada yg aneh bagian kepalanya sih. Tp ya udh kita cari informasi lain ya "

Aku: " hmmm gak tau deh gak nanya sampai situ dl, coba kamu cari tahu dl ya browsing cari info yg banyak,nanti kbrin aku." 

Bisa sesantai itu ya aku, ya karena aku mikir . Aku harus menjaga mood ku dl, anak ku butuh Asi , dia masih tergantung semua sama aku, aku takut stresss gak keluar asinya.. WABAHAIYAAAAAAK..

Setalah 3 hari aurora kuninggg. Kadar bilirubin  di 6 mg/dL . Deeh ileeeh apalagi sih nih?? .
jadi selama di Rs aurora melakukan test darah.
Hari ke 5 di Rs kadar  bilirubin sudah turun Untuk sebagian kasus kuning/ jaundice ringan pada bayi baru lahir, tidak dibutuhkan terapi atau tindakan medis. Dan di bolehkan PULAAAANG
    
Tindakan di rumah yaitu
1. Jemur matahari pagi 07:00 sampai 09:00 pagi. Disarankan memakai penutup mata. 
2. Berikan Asi sebanyak banyaknya.

4 hari lagi test darah lagi ya, kita lihat kadar  bilirubinnya lagi. Sempet di batas garis normal. Tp masih oke lah treatment di rumah. 


HORAY KITA PULAAAANGG... 

Sampai di rumah, di kamar  ber 4.. 
Aurora di box bayi, saya dan mamah di tempat tidur atas, suami di tempat tidur bawah..
Kejadian di malam pertama kita di rumah adalah...

Setelah kita semua tepar kecapean dr rumah sakit..

Kita ber tiga tidur pulaaaaaassssss

" HUAAAAAAA HOEEEE HUAAA AEEEEEE
tetep aku ti da yg bangun sama sekali . . .

Mungkin 3 jam auro nangis kita semua gak denger.. krikkk krikkk krikkk ....

Mamah *lompat kebangun kaget* " ya ampun cucu oma. Mon Bangun ,haus dedek nya "

AKU " Astaghfirullah aku gak denger apa apa mah " 

....AKU LUPAAA SEKARANG UDH PUNYA ANAK TOH TERNYATAAA... HAHAHAHA , BAPAKNYA JNG DI TANYA JUGA.. WESSH TELERRR PULESSSS.... HHH ...



Sebulan saya merawat auro sama sekali tidak ada kendala, menyusui sangat mudah, happy family .. azekk.. baby blues gak ada. Kita melupakan dl apa yg dokter sampaikan kemarin. 

Sebulan setengah saya, suami dan mama mertua berunding bersama

Poppa " setelah aku browsing ttg ubun2 tertutup , cuma dpt gambaran aja sih . Ya itu berbahaya kayaknya auro harus segera CT SCAN dan MRI, dan cari dokter syaraf anak .

Jujur saat itu aku gak mau mikir banyak. Ini aku harus ngapain?? .  jd suami saat itu sangat cepat cari informasi. Dr dokter anak, dokter syaraf anak, MRI dimana. Gak ketinggalan mama mertua yg sibuk juga cari informasi. 

Mama " oke kita coba ke Prof sofyan dl ya, mungkin dia tau dan kita di rujuk kemana dia bs bantu "

Prof.Dr. H. Sofyan Ismael, dr. SpAK adalah dokter anak senior yang ada di rumah sakit YPK MENTENG . Antriannyaaaa deh ileeeeehh panjang bgt hhhhhh. 

Okek dapar antrian 30, syukurlah rumah kami dekat dengan lokasi jd nunggunya gak terlalu lama.

Setelah masuk, di buka semua baju, di timbang , ukur panjang, ukur lingkar kepala. 

Prof Sofyan " beratnya bagus naik 1kg dalam 1 bulan, teruskan ASInya ya, tinggi juga sesuai , tapiiii tunggu ini lingkar kepala kita ukur yaaa,dalam sebulan hanya naik 0.5cm kl saya tarik grafik untuk umur 1 bulan itu  belum cukup. Ok gpp kita lihat bulan depan, kalau bisa naik lagi beratnya 1kg semoga ada perubahan "
Fiuh sejauh ini penjelasannya oke, saat itu aku mulai stress untuk target 1kg buat bulan depan..

Berunding lagi aku,  suami , mama mertua. Ok kita cari 2nd opinion. Tanya tanya sama temen kebetulan anaknya baru saja dr dokter syaraf . Lalu kita menuju dr. Samsul Ashari, Sp.BS. NEUROSURGEON. Rumah sakit Mayapada  Jakarta Selatan. 

dr .samsul " begini bu ubun ubunnya ini sudah tertutup, bs di rasakan ya tidak ada denyut denyutnya , secepatnya harus MRI DAN CT SCAN, takutnya otak di dalam sudah mau berkembang tp tempurung sudah tidak cukup harus di bedah dan di potong tulang tengkoraknya, ini surat rujukannya silahkan di lanjutkan"  

serrrrrrrrr... rasanya dunia mau kebalik denger nya ."  KEPALA ,OTAK ANAK GUAAAA MAU DI ACAK2 DI BELEK DI POTONG2  !!!! "  

Sampai rumah saya dan suami bingung mau kemana lagi. Tp poppa hebat sih dia cuma yakinkan terus,
" kalau oprasi jalan yg terbaik kenapa engga, gpp. Aku udh browsing anak yg di operasi kasus kaya gini malah jauh lebih baik keadannya after operasi."

Aku udh gak bisa mikir, cuma bisa bengong, dan disini awal baby blues mulai keliatan, aku jd super sensitive, gak suka liat anak ku di pegang orang, gak suka anak ku di LIAT orang lain,

Tiap malam saat ulo tidur,  Saya dan suami diskusi terus baiknya gimana ? Harus kemana lagi? Pelukan nangis ber duaan. 
          " KENAPA AURO ?? :,((((((( "

bulan selanjutnya kita ttp kontrol ke Prof sofyan.  dapet antrian panjang lagi....masuk jam 8:30  malem :'(.

Prof sofyan 
" beratnya cuma naik 800gram, cukup bagus sih tapi kurang nih saya butuh 1kg naiknya, lingkar kepala juga bs dilihat ya tidak naik dalam 1 bulan, pertanda tidak baik, okay Rontgen dl ya besok balik lg cuma baca hasil aja, kamu tidak usah antri langsung nomer 1 ya" 

Aku udh gemeteraaaan, seketika di suruh MRI,CT Scan, rontgen kepala anak masih 2 bulan kecil begini . Setau ku gak boleh gerak gerak gimana caranya :,,(((((. 

Gak mikir panjang langsung kita Rontgen dl untuk tau kondisi tulang kepala. 



Bisa di lihat ya hasilnya, bagian depan semua tertutup harusnya ada bolongan. ( ubun besar ) Dan bentuk kepala memanjang ke atas. 

Aku balik ke prof sofyan untuk baca hasil.

Prof " ini ubun ubun besar sudah tertutup jelas sudah tidak ada celah lg "

Saya " jadi baiknya bagaiamana dok?, apa harus tindakan oprasi? "

Prof sofyan " kamu mau saya rekomendasikan dengan dokter best of the besttt best best ahli bedah syaraf?"

Saya" yang mana yg terbaik kami siap dok " 
Air mata mulai netes belum apa apa.udh banyangin aurora di meja operasi dengan kepala di buka buka isinya.. 

Prof sofyan : " silahkan bertemu  Prof. Dr. Dr. dr. Eka Julianta Wahjoepramono, SpBS, Ph.D. beliau di rumah sakit siloam Karawaci. Nanti beliau bisa baca hasil nya semua dan tindakan apa selanjutnya,lebih  baik kalian MRI dan CT SCAN dl  "

Pas browsing wowww prof dr dr dr dr  hebat sekali prof eka ini. Beliau adalah seorang dokter dan guru besar dengan spesialisasi bidang bedah syaraf (neurosurgeon). untuk buat janji aja susah sekali, tp lagi lagi kita di mudahkan kebetulan keluarga kami dokter specialis paru paru di siloam karawaci, beliau yang membuat janji langsung dan menemani kita untuk bertemu Prof Eka. 

Sambil buat janji dng Prof Eka kami juga melakukan MRI kepala  yg pertama di umur auro 2  bulan.

Sudah dapat jadwal untuk MRI di Rspi , krn auro masih  bayi sekali jadi lbh banyak tdr, maka obatnya hanya racikan obat tidur tidak perlu anestesi, di saran kan ulo puasa dl 4 jam sebelum masuk obat tdr.

Besoknya pagi udh ke Rspi keadaan ulo sudah puasa rasanya hancur bgt hati liat anak bayi kehausan tp gak bs kasih mimi. 3 jam pertama ulo masih tenang, dan ya namannya lab nya antri jd gak on time juga .sampailah 5 jam ulo puasa. Bibirnya kering nangis terus, sedangkan payudara ku sudah bengkak, aku gak bawa pumping dr rumah, krn aku pikir ini semua prosesnya hanya sebentar.

Aku nangis gak tahan liat ulo haus, lalu saya di berikan racikan  obat tdr, lalu saya berikan ke ulo  dia marah mukanya merah bibirnya membiru, obatnya pait, ingin muntah tp gak ada yg bs dikeluarkan krn perut kosong. saya meminta untuk meyusui ulo dan di perbolehkan. 

Legaa rasanya, aku menyusui sambil nangis histeris , suami cuma bisa elus2 punggung sabar ya sabar.. 

" aku ga tega liat dia biru gitu, ulo marah banget dia haus  :,(((((  " 

Dan ulo pun menyusu, dan lama2 obat tdr mulai bereaksi dan ulo booobooo dengan nyenyak. 

* aseliiiii  PECAAH LAGI KL DI INGET2 ambyarrr ni air mata *

1 jam proses MRI. Alhamduah lancar, ada beberapa hasilnya tdk sesuai krn ulo gerak. tp alhamdulillah tidak harus di ulang. 

ya gelaaa ajaee harus ulang lg, pingsan yg ada..
 Hasil MRI DAN RONTGEN sudah di siapkan untuk bertemu Prof Eka. Gak menunggu lama kami di panggil untuk masuk ke ruangan..

" HALO DOKTERRR..... "


.... SEE YOU ON NEXT POST part 3  🖤....
ULO lagi [ Diare + demam + rewel ]  kesatuan yg membuat kantung mata amih nambahhhhh BAGADANG CYINNT. . HAHAHAH
DOAKAN ULO SEMBUH YAAA 


love, 

amih ulo